Vivian Maier: Street Photographer Fantastik Dan Seorang Baby Sitter

vivian-maier-self

Vivian Maier adalah seorang fenomena sekaligus kisah bagaimana apresiasi seni seringkali datang terlambat. Seorang fotografer amatiran yang sehari-harinya bekerja sebagai nanny alias baby sitter. Vivian menghabiskan waktu luangnya dengan memotret dijalanan di kota New York dan Chicago antara tahun 1950 sampai 1970-an dengan hasil yang fantastis namun entah kenapa foto-foto tersebut hanya menjadi koleksi pribadi  yang tersimpan di peti bahkan mayoritas filmnya belum diproses.21159 C201101 Vivian Maier 19

Saat meninggal di tahun 2009, 150 ribu film negatif miliknya sudah pergi entah kemana. Raib bersama rumah yang telah lama dijualnya.

Beruntunglah di tahun 2007, sebagian kecil dari ratusan ribu film negatif milik Vivian ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang kolektor seni yang langsung bisa mengapresiasi kehebatan foto-foto Vivian.

Undated, New York, NY

Sang kolektor, John Maloof, kemudian menelusuri siapa gerangan fotografer dari film-film yang ditemukannya dan berhasil melacak Vivian, sayang usahanya terlambat karena Vivian sudah meninggal.

Saat ini, karya-karya Vivian Maier dipamerkan di galeri-galeri di berbagai negara dan mendapat apresiasi secara luas dan bahkan dianggap sebagai salah satu fotografer dengan genre street photography terhebat dalam generasinya. Buku foto karya-karyanya juga sudah diterbitkan.

Berikut ini video yang memperlihatkan banyak koleksi foto karya Vivian Maier:

Lihat foto-foto koleksi terpilih karya Vivian Maier disini. Baca juga profil Vivian Maier di Wikipedia.