Selamat Tinggal: Canon Pensiunkan 5D Mark II

Salah satu kamera terpenting Canon, EOS 5D Mark II secara resmi telah di discontinued oleh Canon. Tanggal 24 Desember kemarin, Canon Jepang secara resmi memasukkan Canon 5D mark II dalam daftar Old Products dan secara efektif menandakan berakhirnya umur kamera satu ini.

Pada saat peluncurannnya, September 2008 tepatnya, kamera ini memiliki tujuan simpel: sebagai penerus kamera Canon 5D. Kamera ini dianggap sebagai salah satu kamera terpenting Canon, karena menyandang beberapa fitur menggiurkan, antara lain:

Canon EOS 5D Mark II

  • Kamera resolusi tinggi dengan sensor full frame termurah di jamannya. Dengan resolusi 21 MP, bandingkan dengan Nikon D3X yang waktu itu harganya 3 kali lebih mahal.
  • Adalah kamera DSLR pertama yang memiliki kemampuan merekam video kualitas HD 1080p. Cukup bagus untuk merekam beberapa adegan di Iron Man 2, bahkan merekam seluruh adegan di serial TV House episode terakhir. Saat ini, kamera DSLR yang dipakai di produksi film adalah hal biasa, namun waktu itu adalah terobosan.
  • Saking larisnya kamera ini, saat Canon mengumumkan peluncuran Canon 5D Mark III sebagai edisi yang lebih baru, kamera 5D Mark II ini belum juga di discontinue, hanya diturunkan harganya

Terakhir kali belfot cek, kamera ini masih tersedia di beberapa toko kamera besar dan harganya masih dipatok diatas Rp 16 Juta brand new body only. Anda masih bisa mendapatkan yang lebih murah lagi di bursa kamera bekas.

Bagi anda yang mencari rute ke kamera DSLR full frame, beberapa cara termurah adalah dengan membeli kamera terbaru Canon 6D atau Nikon D600 (selain masuk ke bursa kamera bekas tentunya), namun dengan predikat penting yang disandangnya, Canon 5D Mark II masih tetap layak dijadikan pertimbangan sepanjang masih tersedia di rak toko kamera.

Berikut beberapa review mengenai kamera ini dari reviewer terkenal:

  1. DP Review memberi badge Highly Recommended pada Canon 5D Mark II
  2. Imaging Resources memberi kesimpulan: “igh quality is one thing, but being a camera that can deliver high quality over a wide range of lighting conditions and different ISO settings is what makes the Canon 5D Mark II such a compelling choice”
  3. Bob Atkins memberi kesimpulan: “Having shot with the EOS 5D MkII for a few weeks, I can certainly recommend it to anyone who wants a “state of the art” full frame DSLR. If I could afford one and I didn’t already have too many cameras, I’d buy one myself!”

Adios.