Nokia N8, Smartphone Sekaligus Kamera Digital Nan Canggih

Jika ditanya, apa sih faktor yang paling membedakan kualitas sebuah kamera digital? jawaban saya biasanya singkat saja: ukuran sensornya. Ukuran sensor yang lebih besar-lah yang membuat hasil foto kamera SLR lebih bagus dibanding kamera saku. Dan antar sesama kamera SLR-pun semakin besar ukuran sensornya makin bagus pula kualitas foto yang dihasilkannya (serta makin mahal pula harganya). Sensor yang besar menyerap lebih banyak cahaya sehingga anda memperoleh foto yang lebih detail, warnanya lebih “keluar” serta lebih tahan kondisi minim cahaya.

Sayangnya, saya tidak akan membicarakan kamera secara spesifisik dalam artikel ini, saya ingin mengenalkan sebuah smartphone. Namun jangan khawatir, smartphone yang ingin saya kenalkan adalah smartphone yang menurut saya memang dirancang dari sononya untuk memanjakan hobi fotografi anda.

Baru-baru ini Nokia meluncurkan N8, generasi smartphone terbaru miliknya. Dengan desain yang tampan dan reputasi handphone Nokia yang tahan banting, N8 memiliki semua fitur yang membuatnya pantas disebut smartphone kelas atas. Lihat saja deretan fitur-nya: mulai dari Facebook, Twitter (dan semua jejaring sosial yang anda kenal), kualitas Video High-Def, Peta Navigasi, MP3 Player, Browser, Email… ditambah anda bisa mendownload ribuan applikasi lain sesuai kebutuhan anda dari OVI Store. Apapun ekspektasi anda mengenai sebuah smartphone saya rasa akan tercukupi. Namun dari sederet keistimewaan tadi, yang paling menarik minat saya adalah kemampuan foto-nya. Kenapa? Mari kita jelajahi..

4558342250_735993d98a_z.jpg

Nokia N8 dibekali dengan sensor kamera berukuran terbesar di kelas handphone/smartphone (bahkan lebih besar dibanding ukuran sensor beberapa kamera digital pocket), jadi sangat mendukung argumen saya diatas. Kamera ini juga memiliki resolusi tinggi, 12 megapiksel, sehingga anda bisa mencetak foto anda sebesar poster dinding. Sensor yang besar tadi masih dikombinasikan dengan lensa autofokus berkualitas dari Carl-Zeiss, produsen optik ternama yang merancang lensa untuk Nokia N8 secara khusus. Kamera di N8 juga dilengkapi shutter mekanis sehingga waktu jeda shutter relatif sangat kecil, serta lampu flash Xenon yang dipasang disamping lensa. Tanpa bermaksud melebih-lebihkan, ini adalah kamera fenomenal untuk kelas handphone/smartphone.

Berbeda dengan kamera handphone/smartphone lain yang menghasilkan foto yang tampak tidak alami, foto dari N8 tampak sangat alami, tajam dan warnanya “keluar”. Disamping itu fotonya memiliki detail yang tinggi, sehingga memudahkan jika anda ingin memprosesnya secara lebih lanjut dengan photoshop. Tidak percaya? lihat beberapa sampel dibawah ini (belum di retouch sama sekali):

n8-sampel-2.jpg

n8-sampel-1.jpg

n8-sampel-4.jpg

Kamera Nokia N8 dilengkapi dengan tombol shutter mekanis yang bekerja sangat baik, saat kita memencet separuh tombol shutter ini kita bisa mengunci baik eksposur maupun fokus. Ini memudahkan kita dalam menyusun komposisi dan framing. Kinerja kamera ini dalam mengunci fokus menurut saya juga sangat cepat jika dibandingkan kamera hanphone/smartphone lain. Saat anda memotret di malam hari, lampu flash Xenon bawaan bisa membantu anda menerangi obyek sampai jarak 2 meter, cukup untuk menerangi wajah pacar anda bukan?

Sementara jika digunakan sebagai perekam video, N8 mampu menghasilkan video berkualitas 720p dalam 25 fps, cukup bersaing. Audio tertangkap dalam kualitas stereo dan cukup jernih, bahkan saat kita merekamnya di lingkungan yang berisik.

Secara keseluruhan, Nokia N8 sepertinya memang dirancang untuk memuaskan nafsu fotografi anda. Menurut saya pribadi, kemampuannya sebagai kamera digital memang luar biasa di kelas handphone/smartphone, bahkan dengan N8 di tangan, anda bisa melupakan kamera pocket sama sekali. Jadi, jika anda sedang mencari smartphone papan atas yang memiliki fitur lengkap, elegan namun tahan banting, sementara anda juga mencintai fotografi, Nokia N8 layak anda miliki!

Lebih jauh:

5 pemikiran pada “Nokia N8, Smartphone Sekaligus Kamera Digital Nan Canggih”

Komentar ditutup.