Menghindari Munculnya Moire Pattern di Foto

Setelah postingan sebelumnya membahas tentang pengertian Moire pattern dalam konteks fotografi, dalam artikel ini kita akan membicarakan cara menghindari munculnya moire pattern dalam foto. Kalau sudah terlanjur kena moire, agak susah menghilangkannya meskipun kita menggunakan software yang canggih sekalipun, jadi sebisa mungkit kita hindari kemunculannya dalam foto. Silahkan ikuti beberapa langkah dibawah ini untuk menghindarinya:

1. Langsung Periksa Foto Saat Memotret Obyek Dengan Pola Yang Rapat

Pastikan saat memotret sebuah obyek foto yang memiliki pola berulang yang rapat dan kompleks, anda langsung memeriksa hasil foto saat itu juga. Zoom foto dalam LCD kamera sampai 100% dan scroll foto untuk memeriksa muncul atau tidaknya moire. Kalau anda melihat moire dalam foto, pilih beberapa langkah dibawah ini sebelum anda memotret lagi obyek tersebut.

2. Ubah Jarak Atau Ubah Panjang Focal

Saat moire terlihat, hal terbaik untuk mengindarinya adalah dengan mengubah jarak antara sensor ke obyek foto. Kita bisa benar-benar pindah secara fisik (berjalan menjauh atau mendekat) atau kita bisa zoom in atau zoom out panjang focal. Ingat bahwa moire muncul saat pola dalam obyek foto memiliki detail yang melebihi kemampuan resolusi sensor, jadi dengan mengubah jarak obyek foto kita bisa mengurangi tingkat detail pola.

3. Ubah Fokus ke Area Lain

Meskipun tidak seefektif langkah kedua, anda patut mencobanya. Pindahkan titik fokus ke area lain dalam obyek foto.

4. Ganti Angle (Sudut Pemotretan)

Kadang hanya dengan mengganti sudut pemotretan, moire bisa hilang secara total. Kalau tadinya berdiri, cobalah jongkok, atau kalau tadinya dari sebelah kiri cobalah memotret dari sebelah kanan.

5. Kurangi Bukaan, Gunakan f/11 Sampai f/16

Saat mengurangi bukaan lensa sampai aperture tertentu, akan muncul difraksi (pembelokan) arah cahaya yang masuk ke lensa. Difraksi secara efektif mengurangi resolusi (tingkat detail) sehingga bisa menghilangkan moire.

Kalau dengan cara-cara diatas moire masih juga bandel dan tetap muncul di foto, langkah terakhir adalah dengan menguranginya melalui proses editing menggunakan software macam lightroom. Halo mas moire, maukah kamu menyingkir sejenak?