CHDK: Sulap Kamera Pocket Canon Menjadi Kamera Super

Jika anda memiliki kamera Canon pont & shoot alias pocket alias saku semisal PowerSoot atau Ixus, ketahuilah bahwa dengan hack bernama CHDK (Canon Hack Development Kit) ini anda bisa menyulap kemampuan kamera tersebut menjadi sangat hebat? Kalau tadinya kamera Canon anda tidak memiliki RAW, sekarang bisa. Tidak hanya itu, CHDK bisa membuat kamera saku Canon memiliki fitur seperti motion-detection, time-lapse,, shutter speed dari 2048s sampai 1/60000s, bracketing, live histogram bahkan anda bisa memainkan beberapa jenis game didalam kamera.

Apa Itu CHDK?

Canon Hack Development Kit alias CHDK adalah saus tambahan bagi firmware bawaan kamera Canon anda. Kenapa saya sebut saus, karena memang sifatnya menambahi & memperkaya dan tidak menggantikan firmware bawaan kamera, sifatnya juga non-permanen dan non-destruktif. Artinya kalau memang anda ingin mengaktifkan CHDK, bisa dilakukan dengan mudah. Begitu pula jika ingin menonaktifkan atau menghapusnya, juga gampang dilakukan. Menginstall CHDK bisa dilakukan dengan meng-copy beberapa file ke dalam memory card kamera dan dengan menghapus file tersebut secara otomatis CHDK hilang.

CHDK sampel

Jenis Kamera Yang Bisa Diinstall

Hampir semua kamera canon point & shoot asal versi firmware-nya kompatibel bisa diinstall, untuk lebih lengkapnya klik disini.

Apa Yang Anda Butuhkan Untuk Menginstal CHDK?

  1. Jenis kamera dan versi firmware yang kompatibel
  2. Memori card SD
  3. SD card reader

Bagaimana Cara Menginstall?

1. Ketahui versi firmware kamera anda

Cara mengetahui versi firmware kamera adalah dengan membuat file kosong di komputer, namai filenya ver.req. Di Windows, klik kanan di desktop, pilih New -> Text File, lalui rename dari untitled.txt menjadi ver.req.

Masukkan SD card kosong ke reader, lalu copy ver.req kedalam SD card tadi. Masukkan SD Card ke kamera, lalu nyalakan kamera seperti biasa, ubah ke mode Review/View, tekan lalu tahan tombol Function/Set (FUNC.SET), lalu tekan dan taham tombol Display (DISP). Jika berhasil kamera anda akan menampilkan versi firmaware di LCD misalnya: Firmware Ver GM1.01B, berarti firmware kamera anda adalah 1.01B.

2. Download CHDK Yang sesuai

Download CHD sesuai jenis kamera pocket Canon serta versi firmware yang cocok disini. Pilih versi small jika anda hanya menginginkan fitur utama, tanpa tambahan fitur seperti ganti bahasa atau script tambahan, saya anjurkan versi Complete.

Kalau sudah didownload, unzip file lalu copy ke SD Card kamera, pastikan anda mengkopinya ke level utama SD Card, jangan ke dalam folder.

Masukkan SD Card ke kamera.

3. Mengaktifkan CHDK

Hidupkan kamera dalam mode Review/View, tekan MENU lalu scroll sampai posisi terbawah sampai terlihat opsi Firmware Update… Tekan SET di Firmware Update lalu akan muncul konfirmasi, pilih OK maka kamera akan memuat CHDK.

CHDK Display

Bermain-main dengan CHDK

Dengan CHDK aktif kamera sebenarnya berfungsi sebagaimana biasanya, semua tombol juga berfungsi sebagaimana biasanya, kecuali tombol Direct Print. Tekan tombol Direct Print maka kamera akan masuk ke dalam mode ALT (mode CHDK aktif). Saat anda di mode ALT (CHDK) akan muncul tulisan ALT kecil di bawah LCD.

Saat dimode ALT, pencet MENU untuk melihat semua opsi pengoperasian dalam CHDK, pilihan yang ada sngat banyak sampai opsi bermain game juga disediakan (Menu > Misc > Games). Bermain-main dalam cobalah fungsi-fungsi dalam menu dalam mode ALT (CHDK).

CHDK Raw

Bagaimana Saya Menghapus CHDK dari Kamera?

  1. Matikan kamera.
  2. Hidupkan lagi. CHDK sudah tidak berfungsi, kalau anda ingin mengaktifkan lagi pencet MENU scroll sampai Software Update, lalu OK.
  3. Untuk menghilangkan CHDK secara permanen, masukkan SD Card ke reader, lihat dari komputer lalu hapus semua file yang sudah anda unzip di langkah awal tadi. Jangan lupa pindahkan smeua foto yang tersimpan di SD Card ke komputer terlebih dulu.

Oke, selamat bermain-main. Jika anda ingin mengetahui informasi lebih lengkap mengenai CHDK, klik disini. Untuk melihat galeri foto-foto yang dihasilkan dengan CHDK, klik disini.