Memotret Model Bergaun Light Painting – Video

Model Jasmin Brunner datang ke studio untuk pemotretan iklan sebuah merk minuman. Namun dia tidak akan mengenakan gaun atau baju keren lainnya. Hmm.. hapus pikiran jorok dibenak anda, dia tidak datang untuk difoto telanjang. Jasmin Brunner akan berpakaian nantinya, tapi bukan jenis pakaian yang biasa.

Konsep pemotretan fotografer Atton Conrad ini memanfaatkan teknik light painting (baca tips foto light painting disini) sebagai daya tarik utama foto iklan yang akan dibuatnya. Memanfaatkan kabel electroluminescent dan teknik light painting, dia akan mengkreasi gaun untuk si model. Dalam sesi pemotretan sebenarnya (yang anda lihat di video dibawah), sang model mengenakan pakaian tipis dengan warna serupa kulit sehingga seolah-olah tidak berpakaian. Catatan: selain electroluminescent, kita bisa memakai LED dan lampu senter atau cari yang jual glow wire/neon wire di lapak forum-forum online.

Jadi dia akan mengkombinasi dua foto terpisah menjadi satu: foto si model yang tengah berpose dan foto light painting terpisah.

Ada beberapa hal yang bisa anda amati dari video diatas:

1. Selalu Bergerak

Teknik light painting membutuhkan waktu exposure yang lama agar kamera bisa menangkap gerakan cahaya dengan konstan. Sebagai pelukis, kita harus terus bergerak sambil menggerakkan lampu supaya badan kita tidak tertangkap exposure.

2. Berpakaian Gelap

Membantu kita menghilang dari hasil akhir foto, seperti point nomor 1 diatas.

3. Bayangkan Bentuk Yang Ingin Dibuat

Fotografer Conrad membanyangkan bentuk yang akan dipakainya menyelimuti sang model.

4. Melukis Berulang-ulang

Kita harus bersabar dan membuat beberapa variasi bentuk lukisan cahaya sampai benar-benar puas. Fotografer pro seperti diatas saja membuat puluhan alternatif sebelum memilih mana yang akan dipakai