Video: Cara Mencuci Film Di Kamar Gelap

Teknologi kamera digital telah mengubur salah satu jenis industri, yakni industri film analog untuk fotografi. Fenomena ini secara resmi ditandai dengan bangkrutnya Kodak ditahun 2011, sementara usaha cuci cetak film telah lama mati suri.

Bagi kita yang besar di era kamera digital, apalagi jaman instagram dan twitter seperti sekarang, relatif tahu beresnya saja. Proses fotografi, dari membidik sampai menikmati hasil dan membaginya kesemua orang bisa terlaksana dalam rentang waktu kurang dari 1 menit.

Sebagai penambah wawasan dan agar kita bisa mengapresiasi proses menghasilkan foto ala generasi bapak/ibu kita yang bisa beberapa hari menunggu baru bisa menikmati hasil jepretan mereka, silahkan nikmati video singkat cara mencuci film di kamar gelap dibawah ini:

Bagi anda yang kesulitan menonton video diatas, proses mencuci film di kamar gelap dijelaskan secara tertulis dalam Bahasa Indonesia disini. Video lebih detail dan panjang bisa dilihat disini.

Bagi anda yang masih setia menggeluti film, kamar gelap, bau-bau cairan kimia itu…angkat topi dan dua jempol buat anda !!