Olah Digital Videografi

Membuat Paris Seperti Kota Hantu Dengan Menghapus Semua Orang Yang Ada Di Frame

Apa rasanya jika kamu berjalan-jalan di sebuah kota metropolitan sebesar Jakarta namun tak ada seorangpun terlihat diluar? Benar-benar hanya ada anda seorang diri di kota yang biasanya tak berhenti berdenyut siang-malam? Agak menyeramkan bukan !?

Itulah suasana yang ingin dibangun oleh videografer amatir Mathieu Stern melalui video “Alone in Paris” di bawah ini. Hanya ada satu orang (model) terlihat di seluruh penjuru kota Paris, tak ditemukan orang lain satupun:

Bagaimana cara Mathieu menyulap kota metropolitan Paris menjadi sesunyi itu? Mathieu melakukanya dengan modal ketrampilan yang dipunyai semua manusia: dengan sabar dan teliti menghapus satu persatu setiap manusia yang muncul di setiap frame di photoshop. Satu persatu, setiap frame. Kecuali sang model.

Dengan cara manual ini, tak heran kalau Mathieu membutuhkan waktu hampir 2 bulan untuk menyelesaikan satu video berdurasi 3 menit seperti di atas seorang diri.

Kalau penasaran, coba deh lihat video behind the scene yang menunjukkan secara singkat proses pembuatan Alone in Paris ini:

Angkat topi untuk ketelitian dan kesabarannya.

Via Reddit.