Tips dan Trik Fotografi

Trik DSLR Nikon: Reset Factory Setting & Format Memory Secara Cepat Dengan Tombol Shortcut

Kalau kamu punya kamera DSLR Nikon, ada trik singkat yang sebenarnya disediakan oleh Nikon sebagai jalan pintas cepat alias shortcut untuk melakukan 2 fungsi ini : mengembalikan setelan kamera ke posisi awal (reset factory setting) dan untuk format ulang kartu memory.

Reset factory setting di kamera DSLR Nikon dengan cepat

Di body kamera Nikon, carilah dua titik warna hijau. Lokasi keduanya menunjukkan tombol mana yang harus di pencet untuk mengembalikan setelan kamera menjadi setting saat anda membelinya. Pencet kedua tombol yang di dekatnya ditandai titik warna hijau selama bersamaan selama 2 detik, maka kamera DSLR Nikon anda akan mengembalikan semua setting kamera ke kondisi awal.

Sebagai contoh, di Nikon D7200, tombol yang ditandai dengan titik hijau ada di bagian belakang sebelah kiri dan di panel atas sebelah kanan. Pencet keduanya bersamaan selama 2 detik, maka D7000 kamu akan melakukan reset ke factory setting.

Tombol nikon d7200 reset factory setting

Sementara di Nikon D500, kedua titik hijau terletak di panel atas di kanan dan kiri:

D500 tombol reset factory setting

Di Nikon D5200 anda akan menemukan di bagian atas panel belakang kamera.

Nikon D5500 tombol reset factory setting

Sayang tidak semua kamera DSLR Nikon dilengkapi dengan titik hijau ini. Nikon D3200 misalnya, tidak dilengkapi shortcut seperti ini sehingga untuk melakukan reset factory setting kita harus masuk ke menu.

Format ulang kartu memory di kamera DSLR Nikon dengan cepat

Seperti halnya fungsi di atas, kita bisa menggunakan shortcut untuk memformat ulang kartu memory dengan cepat (setau belfot, tombol pintas ini hanya tersedia mulai dari kamera DSLR Nikon kelas menengah, seri D7000 keatas). Carilah tanda merah dengan tulisan format di body kamera DSLR Nikon kamu.

Di Nikon D610 misalnya, tombol pintas untuk format ulang tersedia di tombol delete dan tombol metering seperti terlihat di bawah ini:

Nikon d610 tombol format kartu memory

Dalam kondisi kartu memory terpasang dan kamera di posisi ON, pencet kedua tombol bertanda [FORMAT] bersamaan selama 2 detik sampai muncul tulisan “For” di panel LCD atas. Lepaskan. Biarkan tulisan For tetap terpampang di panel LCD.

Sesaat setelah itu, pencet lagi kedua tombol tadi sampai tulisan For hilang yang menandakan kartu memory telah di format ulang dan semua foto yang ada sudah terhapus.