Kamera

Tren Kamera Digital 2012

Artikel ini ditulis oleh Enche Tjin.

Tren kamera digital beberapa tahun kedepan akan bergeser dari kamera compact ke smartphone, sistem kamera mirrorless dan kamera DSLR.

Kamera saku / pocket

Kamera digital jenis ini akan terus menurun popularitasnya karena banyak ponsel pintar (smartphone) yang dapat membuat foto yang kualitasnya hampir sama. Ponsel juga bisa dengan mudah menyimpan dan membagikan foto kepada orang lain melalui jaringan telepon atau internet (baca: Mengenal Jenis Kamera Digital).

Tkd kamera dxomark

DXOmark, sebuah perusahaan yang menguji kamera dan lensa, menyatakan bahwa kamera smartphone generasi terbaru kualitas fotonya sudah melebihi kamera canggih yang dikeluarkan lima tahun yang lalu, dan tidak kalah jauh dari kamera pocket canggih keluaran tahun ini. Untuk video, smartphone seperti Samsung Galaxy III unggul jauh daripada kamera saku seperti Canon S100.

Kamera mirrorless / compact system camera

Kamera jenis ini berukuran relatif kecil, tapi kameranya bisa berganti lensa dan kualitasnya sama dengan kamera DSLR (baca lebih jauh: Apa itu kamera mirrorless). Sistem kamera ini akan populer bagi yang dulunya pegguna kamera saku yang ingin kamera yang lebih fleksibel dan bisa membuat foto dengan kualitas yang lebih bagus. Sistem kamera ini juga akan menarik orang-orang yang tadinya memakai kamera DSLR pemula yang merasa kameranya terlalu besar dan berat untuk dibawa jalan-jalan.

Contoh: Sony NEX, Samsung NX, Olympus & Panasonic.

Tkd sony nex 6 vs nikon d7000

kamera Sony NEX 6 terlihat sangat mungil dibandingkan dengan Nikon D7000

Kamera DSLR

Kamera DSLR akan tetap menjadi primadona bagi fotografer amatir serius, semi profesional dan profesional. Karena kelengkapan lensa, aksesoris dan juga pelayanannya. Di dalam kamera DSLR itu sendiri dibedakan atas 2 jenis. Yang pertama bersensor gambar berukuran full frame, dan yang lain APS-C (baca DSLR full frame vs APS-C disini).

Arah perkembangan kamera DSLR tahun ini lebih ke arah sensor full frame dengan diluncurkannya empat sampai lima kamera bersensor full frame yakni Nikon D800, D600 (baca Nikon D600 vs Canon 6D), canon 5D Mark III, 6D dan sony SLT A99. Masalah dengan kamera full frame sekarang adalah karena memiliki resolusi tinggi (24-36MP) maka membutuhkan lensa-lensa yang berkualitas tinggi untuk mengoptimalkannya.

Tkd Nikon D600

 Kamera Nikon D600 berukuran sedang tapi sensornya besar

Lantas bagaimana kamera DSLR bersensor APS-C? Tetap akan populer satu dua tahun kedepan, tapi tanpa inovasi atau perubahan yang berarti, pemakai kamera DSLR bisa saja melirik kamera mirrorless yang teknologinya lebih maju lagi dan lensanya akan bertambah banyak.

Artikel ini adalah kiriman dari Enche Tjin, penulis dan pemilik blog Info Fotografi dan Radiant Lite.

Kirimkan sharing tips atau pengalaman anda mengenai fotografi dan memotret atau tentang photoshop/lightroom melalui formulir ini agar dimuat di belfot.com. Bagikan pengalaman anda kepada ribuan pembaca kami.