Kamera

Menggunakan Diopter Untuk Mengembalikan Ketajaman Viewfinder

Jika anda memiliki kamera DSLR yang memiliki optical viewfinder, pernah merasa kalau tampilan di viewfinder saat anda mengintipnya tampak kabur dan kurangfokus? Atau mungkin anda pemakai kacamata dan ingin memotret tanpa kacamata?

Diopter dslr

Kalau salah satu pertanyaan diatas jawabannya YA, berarti anda harus memanfaatkan tombol ini. Bagi yang sudah tahu, mungkin terdengar sangat mendasar namun bagi yang lain akan sangat membantu. Dikamera DSLR dengan viewfinder optik, ada sebuah tombol bernama Diopter Adjustment. Biasanya tombol putar ini berada disebelah viewfinder.

Fungsi tombol diopter adalah untuk menggeser fokus lensa viewfinder, perhatikan bahwa hanya lensa viewfinder yang terpengaruh. Memutar tombol diopter tidak akan mempengaruhi kinerja lensa utama dan hasil foto, diopter ini berfungsi khusus untuk koreksi fokus di viewfinder agar sesuai dengan kondisi spesifik mata si pemilik kamera.

Kalau anda pernah memeriksakan mata ke dokter mata atau toko optik, maka cara kerja diopter sama dengan alat yang dipakai dokter dan toko optik saat mengukur cacat mata anda. Saat kondisi mata mulai memburuk (faktor usia dan fisik) maka viewfinder yang tadinya sangat tajam akan semakin kabur karena titik fokus mata kita menggeser. Dengan koreksi diopter, maka tampilan diopter akan kembali tajam.

Cara melakukan koreksi diopter cukup gampang:

  1. Set kamera di tripod atau anda juga bisa memegangnya asal tangan cukup stabil
  2. Arahkan kamera ke obyek di mana fokus mudah mengunci
  3. Sekarang pencet shutter separuh supaya autofokus mengunci dititik fokusnya
  4. Sekarang putar tombol diopter pelan-pelan sampai tampilan viewfinder menjadi paling tajam
  5. Jika anda pemakai kacamata dan ingin memotret tanpa kacamata, lakukan koreksi seperti diatas dengan terlebih dahulu melepas kacamata anda

Gampang kan? memang simpel namun cukup membantu dan sangat berguna terutama saat menggunakan manual fokus. Selamat mencoba!