Menggunakan Tombol Depth Of Field Preview Kamera DSLR

Saat kita memotret dengan menggunakan kamera DSLR dan memiliki lensa dengan bukaan maksimum yang besar, tentu kita ingin menggunakannya di settingan maksimum tersebut. Sayangnya, saat menggunakan bukaan maksimal misalnya f/2.8 atau f/1.8 sehingga kita memiliki depth of field yang sempit, viewfinder tidak bisa memberi kita gambaran bagaimana background yang menjadi blur (bokeh) akan tampak di hasil akhir foto.

dof preview

Untungnya produsen kamera DSLR memberi fasilitas bernama depth of field preview. Tombol ini biasanya berlokasi dibagian depan kamera dan posisinya disebelah lensa. Di Canon atau Nikon sebagai contoh di Canon EOS 60D dan Nikon D7000, tombol ini lokasinya didepan kamera disebelah mounting lensa. Dalam gambar diatas, lingkaran hijau adalah lokasi tombol depth of field preview di Canon EOS 60D

dof preview

Cara menggunakannya adalah, dalam setting aperture lebar (f/1.4, f/1.8, f/2, f/2.8 dll), pencet dan tahan tombol tersebut sembari mata mengintip di viewfinder. Maka tampilan di viewfinder akan mendekati hasil akhir foto nantinya dimana bidang tajam terlihat sementara area diluar bidang tajam menjadi blur. Nah selamat mencoba.

Baca Juga

  1. Nikon D5300, DSLR Nikon Pertama Dengan Wi-fi dan GPS
  2. Ranking Kamera DSLR Nikon Berdasar Skor DxOMark
  3. Foto Makro: Maksimalkan Ruang Tajam Dengan Focal Plane Sejajar Subyek
  4. Perbandingan Spesifikasi Nikon D600 vs Canon 6D
  5. Hubungan Antara Aperture dan Depth Of Field (Ilustrasi)