Kamera

5 Pertimbangan Sebelum Membeli Kamera DSLR

Memilih kamera SLR digital (DSLR) yang tepat adalah urusan pelik tersendiri dengan banjirnya merk dan tipe kamera di pasar. Saat ini (Nov 2009) paling tidak ada 10 perusahaan pembuat kamera (Canon, Fujifilm, Leica, Nikon, Olympus, Panasonic, Pentax, Samsung, Sigma, dan Sony) dan total sekitar 40 jenis DSLR.

Kami akan coba mengurai beberapa faktor non-teknis yang patut di pertimbangkan sebelum menentukan pilihan kamera SLR yang akan dibeli:

Jika ayah saya memberi warisan lensa

Ya, jika ayah anda memberi warisan lensa dari era film, ini bisa mengubah keputusan. Beberapa kamera SLR digital saat ini tetap kompatibel dengan lensa pada era kamera autofokus film. DSLR digital merek Canon, Nikon, Pentax dan Minolta (sekarang Sony) akan kompatibel dengan lensa yang diperuntukkan untuk kamera SLR autofokus mereka di jaman film. Bawalah lensa tua tadi ke toko kamera untuk memastikan kompabilitas dengan kamera yang akan dibeli.

Kamera apakah yang sering dipakai teman – teman?

Kamera yang sering dipakai teman – teman juga bisa mempengaruhi keputusan kita. Jika teman-teman banyak memakai Canon, misalnya, belilah Canon. Jika mereka memakai Nikon, belilah Nikon. Ini akan memudahkan kita dalam kasus “meminjam lensa gratis.” Sebuah trik dasar yang layak dicoba, namun lebih baik jika istilah-nya diganti menjadi “saling bertukar lensa.” Jadi kita tidak modal dengkul saja.

Kemudahan dalam servis dan purna jual

Usahakan sebisa mungkin anda membeli kamera dari toko lokal di kota anda, kalaupun tidak usahakan membeli dari kota terdekat. Saat kamera butuh diservis atau di bersihkan sensornya misalnya, pelayanan akan lebih cepat dibandingkan harus mengirimkannya via paket dsb. Di samping itu, kita mungkin diperbolehkan meminjam gratis kamera cadangan yang disediakan toko selama kamera diservis (karena servis kamera biasanya butuh waktu yang cukup lama). Hal ini kadang lebih penting dibanding selisih harga yang tidak terlalu banyak. Juga layak dipertimbangkan adalah seberapa baik reputasi sebuah produsen kamera melayani keluhan pelanggannya.

Berapa anggaran kita

Anggaran merupakan faktor penting dalam menentukan kamera yang akan dibeli.  Berdamai-lah dengan uang, membangun sistem DSLR tidak hanya membutuhkan kamera, namun juga lensa dan beberapa aksesori penting lainnya (software pengolah foto, komputer, tripod, filter, flash, tas kamera, batere cadangan dll). Kalau dikantong ada Rp.20 Juta, tidak bijak kalau semuanya dihabiskan untuk kamera saja. Membangun sistem DSLR adalah jalan panjang yang bisa menguras isi kantong jika tidak disiplin anggaran. Ada saran dari fotografer senior bahwa memiliki lensa yang berkualitas membuat foto kita lebih bagus dibanding jika memiliki kamera bagus namun lensanya jelek.

Seberapa serius anda

2538286816_e8affcf51b_o

Penting ditanyakan adalah seberapa serius anda ingin terjun ke dunia fotografi. Jika sejak awal anda ingin terjun serius ke dalam fotografi, jangan jauh – jauh dari Nikon atau Canon. Kedua produsen ini adalah penguasa pasar kamera DSLR. Delapan dari 10 kamera SLR memiliki logo Canon atau Nikon di body-nya (masing-masing sekitar 40%). kenapa mereka bisa sebegitu dominan? jawabannya adalah karena mereka juga serius. Fotografer pro pada waktunya akan memerlukan lensa atau aksesori khusus untuk memenuhi kebutuhan kerjanya. Flash khusus macro atau lensa 600mm dengan stabilizer misalnya, Nikon dan Canon menyediakan beragam aksesori yang bisa memenuhi kebutuhan kita, dan lebih penting lagi stok-nya tersedia di kota kita (atau paling tidak di Jakarta). Berbeda kalau kita tidak punya tuntutan “segila” itu, saya rasa salah satu dari 9 merek diatas akan mampu mencukupi kebutuhan kita.

Jadi Canon, Nikon atau merk lain? ah…jangan mulai deh!

 

37 komentar

  1. Ya berhubung Aku pakai canon….
    jadi pastilah aku lebih suka canon….soalnya udh sehati

  2. Gan,sy suka dengan semua komen Anda di situs ini karena penyampaiannya ringan,mudah dicerna buat pemula (spt sy nih..) & juga fun..
    Salut deh,terus berkarya ya Gan…

    1. untuk harga di Indonesia, saya suka cek di jpckemang.com atau focusnusantara.com

  3. saya pake canon,soalnya kan bnyk yg pke canon,jadi klo minjem lensa gk usah pusink….hahahaha….

  4. klu saya pake nikon, emang udah dari dulu zaman T E (tak’enak) udah pake nikon,

  5. aku baru mohon petunjuknya… makasih,(camera juga baru mau beli tp skrng masih pake sony (punya kantor))kualitasnya juga lumayan tp lebih bagus klo pake nikon… coz teman ku wartawan pake nikon hasilnya … wwoooww… jd kepingin tp modal blm memadai… hehehehehehehehe.. doa i yah biar cpt dapat rejeki..

  6. berhubungan dengan tips no. 3, kalau beli mll internet kira2 dpt fasilitas servis tdk ya?

    1. harus dicek ke penjualnya mbak. meskpiun belinya lewat internet, paling tidak musti ditanyain dulu tuh….

  7. nah,kapan ngulas abis tentang lensa?apalagi jenis lensa yg cocok utk motret landscape,arsitektur,makro dan potret klo kameranya dslr canon non full frame.Saya masjh bingung nih milih lensa yg bagus utk kategori di atas,yg harganya jg bersahabat dg isi dompet,hehe…

  8. Dari dulu agama saya itu Canon, dan setia hingga sekarang. Ketersediaan aksesoris yang melimpah dan mudah didapat adalah salah satu alasannya…

  9. saya baru mo beli kamera nh, canon kiss X3 double zoom kit , kira2 itu dh bgus blom, dari segi lensa mksd saya, tlg bantu bos maklum bru belajar.
    trims

  10. sy bru beli nikon d100 (second) kira2 bagus ngk ya…???????????.
    maklum msh pemula ya sesuai kantong…

  11. Canon dan nikon memang bagus, Sy punya minolta SLR analog dgn 2 lensa (standar & tele) niatx mau beli sony biar lensa minoltax tdk mubazir! Tp blum tahu kualitasx sony… Tlong masukanx pak?

    1. lensa anda bs dipake di DSLR Sony alpha, silakan aja kunjungi web komunitas ini untuk info yg lbh lanjut, drpd lensa anda mubazir kan sayang

  12. aku sk canon sejak dulu…
    yang jelas aku sk dengan penjelasan ttg kamera yg anda tulis…
    thanks to all….

  13. gan saya mw nanya neeh… kamera ane canon 1000d, tapi pengen beli lensa tele… minta informasi tempat pembelian yang murah donk… kebetulan ane tinggal di sekitar jakarta, soalnya kadang2 para pedagang menjual daganganya setinggi langit, kya lensa yang seharusnya harga 2jutaan dijual ampe 3 juataan… tolonk masukannya gan…???? hehehee

  14. gan belfot, pentax k-x untuk pemula bagus ga? soal aksesoris & servis pentax gmn ya..

  15. Saya mau jual camera canon 500D + kit 18 -55mm baru 3 bln pake. Garansi resmi datascript. Jual 5jt aja. Saya mau ganti 50D. Yg minat email ke yeguss@yahoo.com or hp 0856-1300-105. Tinggal di bintaro

    1. waaaahhh gan yang bener ajah… harga resminya ajah mpe 8-9 juta.. masa dijual segitu, pasti ada apa2nya

  16. Oh iya.. Sekedar tambahan aja di oktagon.com disana lumayan lengkap dan bisa menggunakan kartu kredit dg cicilan. Harganya jg lumayan miring. Trim

    1. Gak usah ragu sama SONY om,
      saya pengguna SONY ALPHA soale,
      sama sekali gak mengecewakan pokoke TOP abissss

  17. Kalo gue pilih SONY dunk.
    Hasilnya TUAJEM banget, apalagi untuk Macro.
    Dan hasil fotonya tidak ada efek kayak semacam kabut seperti di Nikon dan Canon.
    Hasil fotonya bersih dan jernih

  18. Kalau saya sih pengguna Olympus, sementara belajaran saya poakai yang kit double lens, serinya masih yang E410 sih, tapi buat saya lumayan banget buat belajar jeprat jepret, sisa anggran buat beli speedlite flash, tripod, software, lensa macro zuiko, filter lensa dll…. Hasilnya ngga mengecewakan buat eksperimen kok…. Masih Olympus mania nih… Ntar kalau dah cukup dananya baru mau beli seri E terkini punya Olympus juga….

  19. ane pemakai Sony Alpha…kualitas gambar hasil jepretan Sony boleh diadu dengan 2 SLR yang populer sekarang. Untuk newbie..menurut ane.sony paling gampang dipelajari. so bila suatu saat ingin upgrade ke pro, dijamin lebih cepet belajarnya.

    untuk saat ini ane suka Sony Alpha dengan kombinasi lensa Carl Zeiss…hasilnya luar biasa. secara budget juga luar biasa, tapi gambar bolehlah diadu ama Leica yang rajanya lensa dengan kualitas dan harga diatas SLR apapun.

    salam alpharian

Komentar ditutup.