Tips dan Trik Fotografi

Tips Singkat Memotret Dengan Tripod: Gunakan Tas Kamera Untuk Menambah Stabilitas

Ketika memotret landscape, kita menggunakan tripod untuk memperoleh foto yang tetap tajam meskipun kondisinya sudah gelap atau saat menggunakan teknik long exposure. Memotret landscape juga sering membawa kita ke tempat yang hembusan anginnya sangat kuat: pinggir pantai atau puncak gunung. Meski sudah menggunakan tripod, hasil foto tetap tidak tajam karena kepala tripod sedikit mengayun ketika diterpa hembusan angin yang sangat kuat. Foto dengan shutter speed 30 detik tentu sangat rentan menjadi blur.

2015 10 16 foto iphone 333

Untuk mengatasinya, ada satu cara yang mudah di praktekkan: gunakan tas kamera lengkap dengan isinya sebagai pemberat tripod agar lebih stabil. Di kolom tengah tripod biasanya ada kait (hook) di mana kita bisa mengaitkan berbagai barang ke situ. Para profesional biasanya menggunakan beanbag atau kantong pasir, namun saat keduanya tidak tersedia, gunakan tas kamera lengkap dengan isinya sehingga tripod makin tertancap ke tanah.

Selain menahan terpaan angin, cara di atas juga bisa membantu stabilitas saat memotret dengan tripod di pasir pantai yang sering disapu ombak. Namun pastikan air laut tidak bisa mencapai tas kamera supaya barang-barang didalamnya tidak basah terkena cipratan ombak. Anda juga bisa membaca Panduan Lengkap Menggunakan Tripod di sini.