Tips dan Trik Fotografi

Pasangkan Tutup Kamera dan Tutup Lensa Agar Lebih Ringkas dan Bebas Debu

Saat mengambil body kamera dari tas, biasanya yang pertama kali kita lakukan adalah melepas tutup depan kamera. Selanjutnya melepas tutup belakang lensa agar bisa memasang lensa di ujung depan kamera. Oke, sekarang kita bisa memotret. Tapi kemudian bagaimana dengan nasib kedua tutup yang kita lepas tadi: tutup kamera (body cap) dan tutup belakang lensa (rear lens cap). Biasanya sih kalau tidak kita masukan kantong supaya tidak hilang ya kita lempar keduanya kembali ke tas kamera.

Tips tutup lensa tutup kamera

Namun tahukah anda, saat kita memperlakukan kedua tutup tersebut seperti ini (dikantungi atau di lempar ke tas kamera), keduanya akan sedikit demi sedikit mengumpulkan debu dan kotoran? Debu dan kotoran ini lantas akan terbawa masuk ke dalam kamera atau lensa saat kita memasang lagi tutup tersebut. Dan pada akhirnya, debu dan kotoran ini akan mencari jalan menuju bagian rentan dalam sistem kamera digital: sensor.

Ada cara yang lebih oke untuk memperlakukan tutup kamera dan tutup belakang lensa: jodohkan mereka. Kedua tutup ini adalah pasangan yang pas karena ulir mereka akan saling melengkapi dengan sempurna (asalkan masih dalam satu sistem mount). Putar keduanya dengan ulir yang saling berhadapan, selain membuat mereka berdua lebih terlindung juga terlihat lebih ringkas bukan? Selanjutnya sih terserah anda…

Tips lens cap body cap