Lensa

Tips Singkat: Bagaimana Cara Mengetahui Sweet Spot Lensa

Pertama sekali, apa itu sweet spot lensa? Sweet spot lensa adalah titik atau pilihan setting aperture saat lensa menghasilkan foto tertajamnya (sudahkah anda membaca 8 tips agar foto lebih tajam?). Sebagai contoh, lensa 50mm f/1.8 yang saya miliki kalau di tes dengan cara ala kadarnya seperti di bawah ini ternyata menghasilkan foto tertajam saat dipakai di aperture f/5.6, berarti sweet spot lensa ini adalah f/5.6. Namun ini berlaku spesifik. Lensa anda meskipun sama-sama 50mm f/1.8 belum tentu memiliki sweet spot yang sama di f/5.6.

Sweet spot lensa 1

Karena keterbatasan material dan desain, tidak mungkin sebuah lensa menghasilkan foto paling tajam dalam semua rentang aperture (seperti halnya tidak ada barang yang sempurna di dunia ini). Biasanya sebuah lensa akan menghasilkan foto tertajamnya pada sebuah aperture tertentu.

Aturan tidak resminya adalah biasanya lensa dengan aperture maksimal f/2.8 memiliki sweet spot di sekitar f/5–6 sampai f/11, orang fotografi memakai istilah stop down  beberapa stop untuk menghasilkan foto paling tajam. Namun sekali lagi kalau anda tidak malas melakukan hal yang njlimet dan suka teliti ya silahkan lakukan tes sederhana berikut ini:

Sweet spot lensa 2

  1. Set kamera DSLR yang sudah dipasangi lensa yang akan kita tes di tripod, pastikan super stabil dan tidak goyang
  2. Tempelkan selembar kertas koran pada dinding.
  3. Pastikan lensa tegak lurus terhadap bidang tembok yang ditempeli kertas tadi dan set titik fokus pada kertas koran
  4. Pastikan titik fokus jatuh di kertas koran, lalu set kamera pada manual fokus. Lalu ambil beberapa jepretan foto dengan setting aperture yang berubah: f/2.8 – f/4 – f/5.6 – f/8 – f/11 – f/16 dan f/22. Ini sekedar contoh, sesuaikan aperture dan kerapatan setting sesuai kemauan anda.
  5. Sekarang pindah foto ke komputer, zoom ke 100% lalu bandingkan ketajamannya dengan foto yang diambil pada setting aperture yang berbeda. Kita akan bisa melihat variasi ketajaman, kontras dan kejelasan (clarity foto) dengan cara ini, pada foto dengan ketajaman dan clarity maksimal, disitulah sweet spot lensa

Nah selamat mencoba