Berita Lomba Foto

Sony World Photography Awards 2016 Berhadiah Ratusan Juta Rupiah, Tiket dan Kamera

Masih tersisa waktu sampai awal Januari untuk mengirimkan karya foto anda ke lomba fotografi terbesar di dunia, Sony World Photography Awards edisi tahun 2016 ini. Dengan hadiah total mencapai ratusan juta rupiah, tiket dan akomodasi ke London dan beragam perlengkapan fotografi dari Sony, tentu sayang kalau kesempatan ini terlewatkan. Meskipun disponsori Sony, lomba foto bergengsi ini terbuka bagi semua pemakai kamera lainnya.

Kali ini Sony membuka kategori sebagai berikut:

  • Open. Kategori ini sesuai namanya, terbuka bagi semua fotografer tanpa melihat latar belakang maupun level. Hadiah utamanya adalah uang sebesar US$ 5000 dan tiket serta akomodasi ke London. Pemenang lain akan mendapatkan publikasi dan fotonya diterbitkan dalam buku serta memperoleh perlengkapan fotografi dari Sony. Deadline pengiriman foto adalah tanggal 5 Januari 2015. Lihat detail peraturan, hadiah dan info lain tentang kategori Open di sini.
  • Professional. Kategori ini khusus bagi mereka yang sehari-hari berprofesi sebagai fotografer. Kategori professional ini kemudian dibagi menjadi 2 sub-kategori: Documentary dan Art. Hadiah utama sangat menggiurkan: uang US$ 25 ribu, tiket + akomodasi ke London. Pemenang sub-kategori dan mereka yang masuk kandidat akan memperoleh tiket + akomodasi ke London dan hadiah lainnya. Deadline bagi kategori ini adalah tanggal 12 Januari 2016. Info lebih detail bisa anda baca di sini. Anda yang mengikuti kategori professional tidak diperbolehkan menguikuti katageori lainnya.
  • Youth. Kategori ini khusus bagi fotografer muda berusia antara 12 – 19 tahun. Pemenang utama akan mendapatkan tiket + akomodasi ke London. Pemenang lain akan memperoleh eksibisi dan hadiah lainnya. Batas pengiriman foto adalah 5 Januari 2016. Baca informasi lebih lengkap di sini.

Tahun sebelumnya, salah satu foto lingkungan karya Michael Theodric asal Indonesia berhasil menang di kategori Youth.

Mtheodric

Tahun lalu foto orangutan kehujanan karya Andrew Suryono ini berhasil menjadi salah satu kandidat juara di kategori Open dan kemudian menjadi viral dan terkenal di internet dan TV internasional:

Asuryono

Selain publikasi dan kamera serta lensa dari Sony, Andrew dan Michael terbang gratis ke London untuk menerima hadiah.

Sementara untuk edisi tahun ini, foto karya Hendy Lie dan Rengga Marantica sudah masuk ke daftar yang dibuat situs resmi lomba dan diterbitkan di beberapa situs fotografi dunia.

Amar
© Rengga Marantica, Indonesia, Art, Open, 2016 Sony World Photography Awards
Henlie
© Hendy Lie, Indonesia, Nature & Wildlife, Open, 2016 Sony World Photography Awards

Jadi tunggu apalagi, kirim foto-fotomu yang dibuat sepanjang tahun 2015 lewat link di atas. Cepetan mumpung masih ada waktu sampai awal Januari.