Berita

Simulasi Bokeh dan Kalkulator Depth Of Field

Ingin mencoba bagaimana cara menghasilkan bokeh yang super keren namun belum juga memiliki lensa bukaan besar seperti f/2 atau lensa lainnya? Atau sekedar ingin meghitung hyperfocal distance secara cepat dan sesuai dengan spesifikasi lensa yang anda miliki? Cobalah kunjungi situs satu ini. (Apa itu bokeh dan bagaimana cara membuat foto bokeh?)

Konfigurasi simulasi bokeh

Dengan simulator bokeh dan hyperfocal distance ini, kita bisa mencoba melihat bagaimana bokeh yang dihasilkan oleh konfigurasi lensa dengan spesifikasi tertentu, dengan jarak objek dan background yang kita pilih. Tampilan di bawah ini saya hasilkan dengan memilih konfigurasi lensa 135mm f/2 pada kamera full frame seperti pada gambar di atas, jarak model terhadap lensa adalah 3 meter serta jarak background adalah 13 meter. Bahkan saya bisa memilih berapa bilah diafragma lensa yang dipakai (anda bisa mencoba untuk panjang focal lensa dari 24mm sampai 300mm serta aperture dari f/1 sampai f/64).

Simulasi bokeh

Selain tampilan simulasi hasil foto, aplikasi ini juga memperlihatkan bagaimana kalkukasi hyperfocal distance dihasilkan dengan tanpilan seperti di bawah ini:

Simulasi hyperfocal distance

Jadi tunggu apalagi, coba saja sendiri.