Bagaimana Cara Mengatur Sharpening Di Kamera?

Anda tentu sudah membaca tips agar foto lebih tajam bukan? Nah ada satu tambahan, cara mudah dan cepat untuk menambah ketajaman foto adalah salah satunya dengan menyetel setting sharpening di kamera anda. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan seting sharpening di kamera, antara lain:

  • Berbeda jenis foto membutuhkan kekuatan sharpening yang berbeda, kalau anda menerapkan sharpening yang terlalu banya maka kemungkinan malah akan memperburuk kualitas foto
  • Kalau anda memotret dalam format RAW, maka setting sharpening tidak akan berlaku. Sharpening dalam kamera hanya akan berlaku saat anda memotret di JPEG. Kenapa? jawabannya lihat di artikel JPEG vs RAW ini.

Dengan dua pertimbangan diatas sudah anda ketahui, berikut ini cara setting sharpening didalam kamera. Untuk kali ini kita ambil contoh kamera DSLR Nikon. Proses untuk menyeting sharpening untuk kamera Canon lumayan mirip, anda bisa mengguakan menu Picture Style di DSLR Canon.


Langkah 1. Masuk ke Picture Control

Masuk ke menu, lalu masuk ke Shooting menu. Dari situ pili Set Picture Control. Akan ada enam preset Picture Control. Pilih salah satu preset yang anda sering pakai, lalu pencet tombol kanan sehingga masuk ke opsi Quick Adjust.

Langkah 2. Modfifikasi

Disini kita diberi pilihan lima level modifikasi, masing-masing Sharpening, Contrast, Brightness, Saturation dan Hue.

Sharpening kamera 1

Langkah 3. Atur Sharpening

Pencet tombol arah kebawah untuk memilih sharpening, lalu ubah sharpening secara manual. Ada 10 level setting sharpening, garis kuning kecil dibawah adalah setting sharpening aslinya andaikata anda ingin mengembalikan setting sharpening ke posisi asli. Cukup sampai disini sebenarnya sudah selesai, namun jika anda ingin tambahan, lanjutkan membaca :)

Sharpening kamera 2

Langkah 4. Lihat Grafik

Dengan menekan tombol tombol yang bergambar kaca pembesar bersamaan dengan tombol “-”, kita akan dibawa ke tampilan grafis seperti ini:

Sharpening kamera 3

Sumbu vertikal menandakan kontras, makin tinggi posisi M (karena disini saya memakai setting Monochrome (M), maka makin tajam foto, cuma harus diingat bahwa foto yang tajamnya berlebihan kadang tidak kelihatan natural.

Silahkan dicoba.