Membuat Refleksi Air Pada Foto Dengan Plugin Gratis Photoshop

Membuat danau atau permukaan air palsu pada foto menggunakan Photoshop bisa kita lakukan tanpa bantuan plugin, namun langkahnya lumayan panjang dan ribet. Nah, bagaimana kalau ada sebuah plugin yang bisa membantu kita membuat permukaan air palsu namun realistik, lengkap dengan refleksi dan riak ombaknya seperti dibawah ini? (baca juga 5 plugin photoshop gratis yang sebaiknya anda download)

Plugin refleksi air 1

Adalah plugin untuk photoshop bernama Flood buatan Flaming Pear yang saya pakai untuk membuat refleksi palsu seperti foto monas diatas. Dengan bantuan plugin ini, kita bisa membuat permukaan air palsu yang lumayan realistik tanpa langkah yang panjang dan njlimet. Plugin ini bisa didownload dan dipakai secara gratis selama 30 hari. Lepas dari 30 hari, Flaming Pear akan mengenakan biaya lisensi sekitar $ 75-an.

Yang perlu anda lakukan hanyalah mendownload plugin tersebut disini. Setelah itu ikuti instruksi cara menginstal kedalam Photoshop, untuk Windows baca disini, kalau anda menggunakan Mac baca disini.

Setelah selesai menginstal, silahkan buka foto anda di photoshop. Lalu aktifkan plugin dengan klik: Filter > Flaming Pear > Flood:

Flood plugin refleksi air

Kemudian akan muncul kotak opsi dimana kita bisa menyesuaikan batas horison permukaan air, tingkat gelombang air dan kecerahan refleksi dan lain-lain. Sesuaikan dengan preferensi anda, geser slider yang ada.

Plugin refleksi air opsi

Kalau sudah puas, tinggal di simpan. Oke selamat mencoba.