Tips dan Trik Fotografi

Proses Foto Long Exposure Di Curug Leuwi Hejo, Sentul

Artikel ini ditulis oleh salah seorang pembaca belfot, Bima Mandala Putra.

Belum lama ini penulis main ke daerah Sentul, Jawa Barat, tepatnya di desa Karang Tengah. Dari informasi teman-teman, desa ini memiliki suasana alam yang masih sangat asri dengan sungai-sungai masih bersih dari sampah. Dan ada sebuah curug bernama Curug Leuwi Hejo yang sepertinya keren kalau difoto dengan teknik slow shutter (long exposure).

Sebagai orang yang senang memotret apapun yang indah dan kebetulan sedang ingin praktik teknik long exposure , saya menyiapkan kamera serta beberapa aksesoris. Kamera DSLR saya, Nikon D90 serta lensa kit 18–105mm f/3.5–5.6 ditambah filter Tian Ya ND8 supaya bisa main long exposure meski masih siang hari.

IMG 1619

Sekedar informasi, filter Tian Ya ND 8 ini harganya sangat terjangkau bagi siapapun yang menyukai foto landscape dan takut membeli (tidak sampai Rp. 150 Ribu). Kualitasnya tidak buruk-buruk amat, masih bisa menghasilkan foto yang jernih asal tidak ditumpuk. Dan karena ND 8, maka saya bisa menurunkan exposure sampai dengan 3 stop.  (Pahami tentang filter ND disini, tentang f-stop disini –  Red.)

IMG 0719

Selain filter ND, tripod juga merupakan aksesoris kunci untuk teknik yang akan menjadikan air yang mengalir terlihat seperti kapas ini. Untuk hasil yang super tajam, saya wireless remote untuk meminimalkan blur karena kamera goyang saat pengambilan foto, teman-teman juga bisa menggunakan kabel release. Langkah pemotretan yang saya lakukan sebagai berikut:

  • Siapkan peralatan yang akan digunakan dalam proses foto long exposure (filter,tripod,kabel release)
  • Pastikan lensa bersih dari debu/kotoran yang menempel di depan
  • Pasang holder berserta filter di depan lensa
  • Cari permukaan yang dapat menyangga tripod dengan kokoh agar tidak terbawa arus air yang deras
  • Pilih focus yang sesuai (dalam praktik ini, saya menggunakan live view karena lebih mudah mengkomposisi)
  • Karena ingin melakukan longexposure saya menggunakan setting f/11 dengan shutter speed 1/2 detik dan ISO 100 (kondisi saat itu matahari sangat terang)

Hasilnya adalah foto dibawah ini.

foto slow shutter long exposure sungai sentul

Nah, selamat mencoba.

Follow Bima di Twitter (@bimmbimaa) dan Instagram (@bimmbimaa).