Olah Digital

Mempertajam Foto Macro Dengan High Pass Filter Photoshop

Artikel ini ditulis oleh Acong SB. Beliau memotret street photography untuk hobi dan commercial photography untuk pekerjaan.

Kali ini saya ingin membagikan cara mempertajam foto macro dengan cara yang sederhana dan tools sederhana pada photoshop. Biasanya kita sudah di permudah dengan adanya action atau plug in tetapi kala semua itu tidak bias di gunakan, saya biasanya menggunakan tools dasar yang pasti ada di photosop.

Langsung saja step by stepnya.

Saya memiliki sebuah foto makro yang ketajamannya kurang memuaskan karena saya hasilkan dengan menggunakan kamera smartphone. Untuk itulah saya ingin mempertajam foto ini:

Foto makro tajam high pass photoshop1

Buka foto pada photoshop, lalu Duplicate layer tekan shortcut CTR + J (Command + J pada Mac).

Pada menu filter pilih Flter – Other – High Pass. Masukan radius kira kira kita pakai 3 sampai 7 lalu klik ok:

Foto makro tajam high pass photoshop2

Setelah ok, ubah layer dari normal menjadi soft light:

Foto makro tajam high pass photoshop3

Add layer mask, lalu gunakan brush tool dan seleksi bagian mana yang ingin di pertajam dan bagian mana yang akan di biarkan seperti semula:

Foto makro tajam high pass photoshop4

Pada gambar di atas, saya hanya ingin mempertajam bagian yang saya lingkari merah dan selesai. Ini gambar before dan after:

Foto makro tajam high pass photoshop5

Dan inilah hasil akhir foto makro dengan kamera smartphone, ketajaman dan kontrasnya terlihat lebih baik dibandingkan foto awal:

Foto makro tajam high pass photoshop6

Silahkan kunjungi portfolio street photography dan commercial photography Acong SB. Bagi pengetahuan dan informasi fotografi anda ke ribuan pembaca belfot dengan mengirimkan artikel ke halo@belfot.com.