Tips dan Trik Fotografi

Perspektif Foto: Dari Bawah

Mata kita dalam keseharian sudah terbiasa melihat lurus kedepan. Oleh karena itu untuk membuat foto yang dramatis, unik dan lain dari yang lain, kita harus mencoba memotret dari sudut yang tidak biasa dirasakan kebanyakan orang. Salah satu angle yang patut anda coba adalah memotret dari bawah.

From Below

Untuk mencoba perspektif ini, anda harus melongok keatas, rebahan ke tanah atau sekedar jongkok lalu mencari sudut yang paling menarik yang tampak di viewfinder. Bagi orang yang lalu lalang mungkin terlihat aneh, tapi buat kita yang ingin menghasilkan foto yang bagus… priceless.

God's Wedding Gift

Memotret dari bawah juga menghasilkan kesan vertikal yang kokoh, elegan sekaligus lebih besar dari kenyataanya, terutama jika kita mengambilnya dengan lensa lebar:

Look up!!

Jadi jika anda bingung, lain kali mendongaklah dan lihatlah pemandangan diatas sana dari dalam viewfinder kamera anda.

Quentin Tarantino dan Perspektif dari Bawah

Kalau dalam artikel terdahulu belfot membahas bagaimana sutradara legendaris Stanley Kubrick menggunakan perspektif titik lenyap, maka ternyata sutradara eksentrik Quentin Tarrantino banyak memainkan perpsektif dari bawah dalam film-filmnya (Kill Bill, Pulp Fiction, Reservoir Dogs, Inglorious Basterds). Lihat saja video cuplikan dibawah ini: