Berita Kamera

Olympus PEN-F, Kamera Mirrorless Micro Four-Third Bergaya Retro

Bertepatan dengan usianya yang memasuki angka 80 tahun, Olympus meluncurkan kamera mirrorless berformat micro four-third, Olympus PEN-F. Kamera bergaya rangefinder retro ini adalah reinkarnasi digital dari kamera SLR film Olympus PEN-F yang aslinya diluncurkan tahun 1963, lebih dari 50 tahun lalu.

Olympus pen f muka

Olympus PEN-F orisinal yang diluncurkan tahun 1960-an, sumber inpsirasi Olympus PEN-F terbaru:

189877831 e6268b803e z

Olympus PEN-F ini dirancang untuk mereka yang mencari kamera berukuran kecil dengan bentuk tombol kendali yang klasik serta memiliki viewfinder. Dari beberapa kamera mirrorless seri PEN milik Olympus, hanya PEN-F inilah yang dilengkapi dengan viewfinder yang sudah menyatu.

Olympus pen f samping

Olympus PEN-F ini dibekali sensor CMOS micro four-third dengan resolusi 20 megapiksel. Olympus melepas filter low-pass di depan sensor untuk memaksimalkan resolusi foto. Rentang ISO adalah dari 200 sampai 25600. PEN-F juga dibekali dengan sistem stabilizer 5 sumbu yang terpasang di sensor (bukan di lensa) yang bisa meredam goyangan efektif sampai 5 stop, bahkan jika anda memakai lensa jadul yang kompatibel dengan sistem micro four-third.

Olympus pen f belakang

Fitur modern kamera ini antara lain wi-fi, memotret interval untuk timelapse, simulasi film, focus bracketing , mode senyap untuk memotret candid dan masih banyak lagi. Olympus PEN-F juga merekam video dengan resolusi 1080p. Olympus memasang layar LCD layar sentuh berukuran 3 inci yang bisa bisa tilting di belakang. Viewfinder memiliki resolusi 2,3 juta titik OLED.

Olympus pen f lensa

Body Olympus PEN-F terbuat dari magnesium dan alumunium mulus dengan bobot sekitar 425 gram. Olympus PEN-F akan dijual dengan harga sekitar US$ 1200/ Rp. 16,5 Juta (body only) dan mulai tersedia secara internasional pada bulan Maret 2016. Silakan lihat video overview Olympus PEN-F di bawah ini: