Nikon DF, Kamera DSLR Bergaya Retro

Nikon-DF-hotam-silver

Sebuah kamera DSLR full frame dengan bentuk dan tombol kontrol retro yang terinspirasi oleh kamera film legendaris Nikon FM2, dilengkapi sensor full frame setara D4 serta kompatibel dengan Nikon F mount namun memiliki bobot separuh dari berat Nikon D4 serta bentuk yang ringkas, hmmm selamat datang Nikon DF.

Nikon DF, adalah kependekan dari Nikon Digital Fusion. Dinamai seperti itu karena kamera ini lahir dari penggabungan teknologi lama dengan teknologi baru. Teknologi lama yang dipinjam adalah bentuk, serta tata letak kontrol kamera. Sementara teknologi baru yang dicomot adalah sensor, sistem pemrosesan gambar, panel LCD dan firmware.

Kenapa Nikon DF ?

Kenapa Nikon DF perlu lahir? kenapa dijaman digital bentuknya harus kembali ke masa lampau? Hmm, saya bukan pegawai Nikon. Tapi kalau boleh menganalisis kurang lebih begini:

Kamera mirrorless dan sistem kamera lain yang enteng dan ringkas akan makin diminati pasar yang sedang mencari kamera bagus namun tidak terlalu besar dan berat. Pelan tapi pasti kamera jenis tersebut mulai membanjir dipasaran. Fuji tampak bangkit kembali karena mengusung kamera retro seri X. Micro four third yang mungil tampak makin kokoh. Sony tampak inovatif dengan merilis kamera mirrorless full frame pertama belum lama ini.

Nikon DF dipercaya merupakan usaha Nikon untuk merebut pasar kamera dengan ukuran ringkas namun memiliki kualitas gambar dan teknologi jempolan.. Canggih dengan sensor full frame yang dipinjam dari D4, bisa menerima semua lensa F yang melimpah serta memiliki bentuk dan tata letak kontrol klasik retro. Itu semua dibalut dalam body yang tidak terlalu berat dan dalam ukuran yang lebih simpel.

nikon-df-1

Spesifikasi Nikon DF

Berikut ini beberapa spesifikasi kunci Nikon DF:

  • Solid, body terbuat dari konstruksi magnesium-alloy dengan weather sealing
  • Sensor CMOS full frame dengan resolusi 16.2 megapiksel (same as the one in Nikon D4)
  • ISO sensitivity 100–12,800 (boost kebawah sampai ISO 50 and keatas sampai ISO 204,800)
  • Shutter speed dari 30 detik sampai 1/4000 detik, flash sync-speed 1/200s
  • Sistem AF 39 titik (sama seperti Nikon D610), 9 sensor cross-type
  • 2016-pixel RGB image sensor, full non-AI-S lens metering
  • Prosesor gambar EXPEED 3
  • Layar LCD 3.2 inchi dengan resolusi 921,000 dot
  • Viewfinder optik pentaprisma dengan 100% coverage dan perbesaran 0.7 kali
  • Slot kartu SD
  • Burst mode sampai dengan 5.5 frame per detik
  • Ukuran143.5 x 110 x 66.5mm
  • Berat 760 g dengan baterai dan kartu memory
  • Harga US$ 2749 (body-only), atau US$ 2999 dengan lensa AF-S 50mm f/1.8G edisi khusus

nikon-df-2

Video Resmi Promo Nikon DF

Berikut ini video resmi promo peluncuran Nikon DF:

Untuk Siapakah Nikon DF?

Nikon-DF-Sealing

Dengan titik autofokus yang hanya 39 titik (setara dengan D610), kamera ini bukanlah monster kecepatan dan tidak akan menjadi andalan fotografer sport dan satwa. Namun untuk keperluan lain kamera ini bisa jadi akan sangat bisa diandalkan. Fotografer street, dokumentasi, wedding atau mereka yang sering traveling dan merasa ribet dengan DSLR, bisa sangat tergoda dengan kamera ini.

Namun perlu diingat bahwa kamera ini tidak akan dilengkapi video. Jadi lupakan soal membuat video dengan Nikon DF. Harga juga akan menjadi faktor penentu. Dengan bandrol harga diatas Rp 27 Juta, mereka yang berkantong cekak bukanlah target pasar Nikon DF.

Nikon mengusung tagline yang berbunyi pure photography untuk DF. Semoga kamera ini mampu menjawab ekspektasi besar yang disandang tagline tadi. Fotografi yang murni, dimana hal terpenting dan paling utama adalah kenikmatan saat memotret, sementara fitur lainnya menjadi nomor dua.