Berita Kamera

Kamera Mirrorless Terbaru Nikon: Nikon 1 J2

Nikon per hari ini secara resmi mengumumkan kamera mirrorless terbaru mereka, Nikon 1 J2. Peluncuran kamera ini juga ditandai dengan rilis lensa 1 Nikkor 11-22.7.5mm F/3.5-5.6 sebagai pelengkap sistem lensa Nikon 1.

Nikon 1 J2

Nikon j2 mirrorless

Nikon 1 J2 memperbaiki kinerja generasi kamera mirrorless Nikon sebelumnya: Nikon 1 J1, dengan tambahan baru yang diberi nama Creative Mode dimana kita bisa memberi efek-efek menarik pada foto. Perbaikan lainnya adalah peningkatan resolusi layar LCD, desain baru yang menggunakan sentuhan metalik dengan beberapa variasi warna menarik ngejreng.

Khusus mengenai Creative Mode, Nikon menambahakan tombol khusus dibelakang. Dengan memencet tombol ini kita bisa memotret dalam beberapa mode: panorama, miniatur, soft focus, night landscape, backlit dan night portrait.

Layar LCD Nikon J2 masih berukuran 3 inchi namun resolusinya menjadi ditingkatkan dari 460K menjadi 921K. Warna kamera sendiri sekarang menggunakan sentuhan metalik dengan pilihan warna baru: orange dan merah menyala disamping pilihan warna lama di Nikon J1 yang putih, hitam, perak dan pink (wuhui..).

Spesifikasi lain relatif tidak berubah dari generasi sebelumnya. Nikon J2 masih menngunakan sensor kecil CMOS berformat CX berukuran 1 inchi dengan resolusi 10.1 Megapiksel. Mampu merekam vide full HD 1080p dan dengan mode burst (continous) sampai 10 frame per detik.

perbandingan ukuran sensor mirrorless

Nikon tampak mengambil pilihan yang sangat berbeda dibanding produsen lain mengenai kamera mirrorless. Produsen lain seperti Canon dan Sony dengan kamera mirrorless bersensor besar (APSC) serta sistem micro four third yang banyak dipuji, Nikon justru mengeluarkan kamera mirrorless dengan ukuran sensor yang mirip kamera pocket (lihat perbandingan ukuran sensor diatas). Kalaupun Nikon pada akhirnya harus mengubah ukuran sensor, mereka harus mempertimbangkan ekosistem lensa 1 Nikkor yang sudah terlanjur dipasarkan.

Lensa 1 Nikkor 11-27.5 mm f/3.5-5.6

Nikkor1 11 27mm1

Lensa ini memiliki 2.5x zoom serta memiliki focal length efektif 30-74mm (35mm ekuivalen). Tersedia dalam dua pilihan warna; hitam dan putih.

Harga dan Ketersedian

Sejauh ini pengumuman resmi Nikon menyebut bahwa kamera mirrorless Nikon J1 ini akan dijual dengan lensa kit 10-30 mm f/3.5-5.6 dan dibandrol di harga US$ 550. Harga ini jauh lebih murah (100 US$) dibanding harga Nikon J1. Sementara untuk lensa Nikkor 11-27 mm yang baru dirilis akan dibandrol dengan harga jual US$ 190. Kamera mirrorless terbaru Nikon ini mulai tersedia dipasaran pada bulan September 2012.