Lensa

Menumpuk 5 Teleconverter Untuk Mendapatkan Lensa Super Tele 9600mm

Teleconverter adalah cara cepat untuk menambah jangkauan lensa tanpa harus mengeluarkan uang banyak. Jika anda sudah mulai sering melakukan cropping di beberapa foto, berarti sudah saatnya teleconverter jadi pertimbangan pembelian selanjutnya. Namun bagaimana dengan menumpuk 5 teleconverter sekaligus?

Terdengar gila namun itulah yang coba dilakukan oleh Jordan Lockhart. Dia melakukan eksperimen memasang lensa jadul Canon FD 200mm di kamera mirrorless Sony A600 yang memiliki faktor crop 1,5sehingga panjang efektif lensa menjadi (200mm x 1,5 = 300mm). Selanjutnya dia memasang satu teleconverter 2x di lensa tersebut sehingga menjadi lensa 600mm. Dua teleconverter 2x menjadi 1200mm. Tiga teleconverter 2x menjadi 2400mm. Empat teleconverter 2x menjadi 4800mm dan lima teleconverter 2x menjadi 9600mm.

Memasang teleconverter memang membuat lensa memiliki jangkaun berlipat secara instan, namun karena melibatkan penambahan optik maka kualitas gambar akan makin buruk, apalagi jika menumpuk beberapa teleconverter sekaligus.

Berikut ini foto lensa tanpa teleconverter:
Tanpa tele 200mm

Dan ini foto yang dihasilkan:
Tanpa teleconverter

Sementara 5 teleconverter bisa membuat lensa tampak “konyol”:
5 teleconverter

Dan inilah hasilnya, foto dengan “lensa tele’ dengan panjang focal 9600mm:
Lima tele

Kualitas foto jelas terjun bebas, namun oke-oke saja sih kalau untuk sekedar eksperimen dan senang-senang.

Via Cameraplex, Via Reddit. Foto hak cipta Jordan Lockhart.