Olah Digital

Menghilangkan Obyek Dengan Photoshop Content Aware Fill

Dimulai dari Photoshop CS4, Adobe menambahkan fitur baru yang cukup fenomenal bernama content-aware fill. Fitur ini disambut secara antusias oleh pelaku foto karena dirasa akan memberi kemudahan luar biasa dalam proses edit foto. Jadi apa itu content-ware fill? Gampangnya bayangkan jika kita harus menghapus obyek pohon yang ada ditengah foto sawah, kita buat seleksi yang mengellingi pohon lalu menghapusnya, namun foto kita akan tampak bolong dibagian yang dihapus. Nah dengan content-aware fill, photoshop akan mengisi secara otomatis bagian yang bolong tadi secara sempurna dan serasi dengan lingkungan disekitarnya.

Ah pusing bayanginnya, oke mari kita praktekan secara langsung.

Saya akan mendemonstrasikan kemampuan Photoshop (saya menggunakan CS5, anda bisa menggunakan CS4 atau CS5) untuk menghapus sebuah obyek (tenda merah) ditengah pantai lalu secara otomatis Photoshop akan mengisi bagian yang terhapus tadi dengan “pantai baru”, silahkan:.

Buka foto di Photoshop

001.jpg

Buat seleksi disekeliling obyek yang akan dihilangkan dengan Quick Selection Tool

002.jpg

003.jpg

Hasil akhir seleksi

004.jpg

Anda tidak perlu terlalu teliti dalam melakukan seleksi

Refine Edge

Klik di Menu Bar: “Select >> Refine Edge”, lalu muncul kotak dialog Refine Edge. Saya mengubah parameter Refine Edge sebagai berikut:

005.jpg

Klik OK saat anda selesai mengubah parameter

Fill dengan Content-Aware

Dengan seleksi tetap aktif, klik Edit >> Fill:

008.jpg

Saat kotak dialog muncul, pilih parameter sebagai berikut:

009.jpg

Klik OK

Hasil Content-Aware Fill

007.jpg

Berikut hasil setelah anda meng-klik OK dikotak dialog diatas. Bagian yang dihapus, yaitu obyek tenda merah, sudah terisi dengan mulus dan tampak serasi dengan lingkungan pantainya bukan (bahkan garis pantai tetap terlihat lurus) ?

Untuk apa?

Pada intinya, kita bisa menghemat banyak waktu untuk menghilangkan obyek yang tidak diinginkan dengan memanfaatkan fitur content-aware fill. Jika kita ingin menghilangkan kabel listrik yang merusak foto gunung, atau jika kita ingin “membersihkan” sampah yang mengotori foto pantai, gunakan fitur ini. Tapi ingat, update Photoshop anda terlebih dahulu ke Photoshop CS4 atau CS5.