Kamera

Mengganti Unit Shutter Di Canon 5D Mark II

Mengingat shutter count kamera memang terbatas, apa yang akan kamu lakukan saat shutter kameramu tiba-tiba ngadat, mati secara mekanis dan tidak bisa dipakai? Pusing kan?! Garansi dipastikan sudah habis. Jalan satu-satunya adalah dengan membawanya ke servis kamera dan meminta mereka mengganti shutter. Yang jelas, total pengeluaran untuk mengganti shutter ini akan lumayan terasa.

Atau ada cara lain? Pasti ada cara lain! Dengan pede dan sedikit nekad membeli shutter third-party, membongkar kamera lalu mengganti unit shutter yang rusak tadi misalnya. Hal nekad itulah yang dilakukan fotografer Myles Dunphy.

Kamera Canon 5D Mark II Myles tiba-tiba ngadat, sama sekali tidak berfungsi. Saat dibawa ke tukang servis, mereka minta biaya sekitar Rp. 7 Juta (itupun shutter penggantinya bukan yang orisinil dari Canon). Iseng mencari tahu harga shutter third-party untuk 5D Mark II di ebay (biasanya shutter buatan China), Myles menemukan bahwa harganya cukup murah, kurang dari Rp. 1 Juta. Setelah bosan melihat kameranya terbengkalai dan tidak bisa dipakai selama setangah tahun, akhirnya Myles membeli shutter yang ditemukannya di ebay tadi. Lalu berbekal youtube, obeng, dobel tape, lem plus nekad, Myles mulai membongkar kamera kesayangannya. Setelah berkutat beberapa lama dan dengan ketelatenan luar biasa, akhirnya..

Berhasil.

Dan untuk membantu rekan-rekan fotografer yang mungkin gatal ingin bisa mengganti unit shutter di kameranya sendiri, Myles membuat video time lapse langkah demi langkah mengganti shutter di Canon 5D Mark II berikut ini:

Kalau masih penasaran dengan teknis detail, silahkan lihat versi lengkap berikut foto langkah demi langkah, baca artikel ini.

Jadi, shutter count kameramu mulai habis? no worries… (asal nyali dan ketelatenanmu kuat lho!)