Mengembalikan Foto Terhapus Dari Memory Card

Ada beberapa alasan foto bisa terhapus dari kartu memori:

  1. Tak sengaja tombol delete kepencet di kamera
  2. Kamera anda dimainkan orang yang tidak paham dan tahu-tahu fotonya hilang
  3. Card reader ngaco
  4. Kartu memory terkorupsi
  5. Listrik statik, dan lain-lain

Photo Rescue

Untungnya, foto yang sudah terhapus dari memory card kadang bisa kita kembalikan dengan bantuan software khusus. Didalam artikel ini kita akan membahas versi berbayar dan versi gratisnya.

Mengembalikan foto terhapus dimungkinkan karena saat tombol delete terpencet, kamera tidak benar-benar menghapus data-data foto tersebut. Kamera hanya menghapus entry foto didalam direktori dimana foto tersebut disimpan dalam memory card, alias menghapus alamat tapi belum menghapus data fisik foto selama kita belum memformat memory card. Software untuk mengembalikan foto terhapus tersebut (recovery), akan mengembalikan susunan direktori seperti saat sebelum terhapus, sehingga foto bisa diakses kembali.

Software recovery untuk file komputer yang terhapus sebenarnya bekerja dengan prinsip yang sama: mengembalikan susunan direktori sehingga kita mengakses file yang hilang. Sayangnya software recovery untuk komputer tidak bisa digunakan untuk mengembalikan foto terhapus dari memory card.

Versi Bayar

Untuk recovery foto dari memory card, bang belfot pernah mencoba sebuah software bernama PhotoRescue. Kita bisa mendownload versi trial yang berfungsi penuh dari website Data Rescue secara gratis, software ini kompatibel dengan mac ataupun windows. Software ini seteleh terinstal di komputer akan menganalisis memory card, lalu menunjukkan beberapa foto terhapus yang bisa direcover. Kalau anda melihat foto terhapus yang anda cari, berarti foto tersebut bisa direcovery, hanya saja untuk menarik foto tersebut kita harus membayar US$ 29 untuk membuka versi trial. Jika nilai foto terhapus menurut anda lebih mahal dari harga software tersebut, anda layak membelinya.

Versi Gratis

Untuk versi gratis yang benar-benar gratis, anda bisa menggunakan beberapa software dibawah ini. Kenapa gratis? bisanya mereka tidak secanggih PhotoRescue dan waktu scan-nya sangat lama, tapi kalau gratis kenapa tidak:

  1. ZAR – Zero Assumption Recovery
  2. Recuva
  3. CardRescue untuk MAc

Nah selamat mencoba.