Berita

Fotografer Tangkap Pencuri Kamera & Lensa Seharga Rp. 200 Juta Lewat Data Exif Foto

Bagaimana rasanya saat kamera dan lensa yang dikumpulkan susah-payah dicuri orang? pasti sangat marah. Itulah yang dialami fotografer Australia Jon Grundy. Kamera DSLR Canon dan beberapa lensa Canon L miliknya yang kalau ditotal harga keseluruhannya hampir Rp. 200 Juta habis dicuri orang. Peristiwa ini terjadi tak lama setelah ia membuat iklan untuk menjual beberapa lensa miliknya.

Ada satu orang yang menghubunginya namun batal membeli karena tidak ada kesesuaian harga (sebut saja namanya Alex). Sayang Jon Grundy terlanjur memberikan alamat lengkap rumahnya kepada Alex sebelum transaksi batal. Beberapa hari setelahnya, ia mendapati rumahnya telah dibobol pencuri saat ditinggal pergi dan seluruh gear fotografinya dibawah si pencuri. Grundy curiga dengan Alex karena saat stalking akun instagram Alex, dia mendapati bahwa Alex baru saja menunjukkan kamera dan lensa baru yang sangat mirip dengan kamera dan lensa miliknya yang hilang. Grundy yakin itu kamera dan lensa miliknya, namun susah untuk membuktikannya.

Kamera lensa curian 1

Kecurigaan Jon terbukti saat seorang fotografer yang bekerja dengan Alex dan iseng memeriksa Exif datanya mendapati bahwa di kolom copyright info foto yang dihasilkan dari kamera Alex terdapat nama Jon Grundy.

Exif data copyright hak cipta

Fotografer ini berbaik hati menelpon Jon yang lantas menggunakannya sebagai bukti untuk laporan ke polisi. Pada akhirnya, seluruh kamera dan lensa Jon kembali ke pemiliknya yang sah. Jon berhasil mendapatkan lagi kamera dan lensa mahal yang dicuri orang lewat informasi hak cipta yang ia tambahkan langsung di kamera. (Baca bagaimana cara menambahkan informasi hak cipta /copyright ke exif data foto secara langsung di kamera).

Berita ini diperoleh dari Daily Mail dan DIY Photography .