Inspirasi

Memotret Landscape Dengan Kamera Format Besar Di Era Digital

Di dunia ini tak banyak tersisa orang yang masih memotret dengan kamera format besar (large format) 8×10, apalagi menggunakannya untuk memotret landscpae di alam bebas. Hanya mereka yang memiliki dedikasi tinggi dan niat besar yang rela membawa peralatan super besar dan berat, membeli lembar film 8×10 inci yang mahal, mengandalkan pengukur cahaya terpisah dan memakai stopwatch untuk menghitung dan menandai shutter speed.

ben-horne-kamera-format-besar

Namun fotografer Ben Horne melakukannya. Dia rela melakukannya. Plus, saat lembar film telah terekspos, dia masih harus memprosesnya di kamar gelap untuk mendapatkan hasil akhir foto. Ben melakukan itu semua saat banyak orang berlomba bicara spesifikasi kamera yang bisa memotret 11 foto dalam satu detik dan hasil foto instan yang langsung menuju Instagram. Berikut ini salah satu contoh video proses Ben memotret dengan kamera format besarnya:

Dan beruntung-lah kita karena sejak tahun 2009, Ben rela menambah kerepotan satu lagi: menenteng kamera video untuk membuat jurnal video lantas mengunggahnya ke youtube. Belfot rutin menonton video-video yang diunggah Ben di channel youtubenya untuk memberi apresiasi bagaimana ia menikmati proses fotografi yang jauh lebih lambat dan metodis dibandingkan apa yang kita jalani sehari-hari. Dan kalau anda benar-benar menikmati kisah Ben dan ingin mendukungnya agar tetap eksis dan konsisten menjalani proses kreatifnya, anda bisa mengirim donasi padanya berapapun jumlahnya. Selamat menikmati.