Membuat Vignette Pada Foto Dengan Lightroom

Dalam tutorial ini kita akan membuat vignette dengan Lightroom. Sebelumnya, vignette adalah kalau bagian pinggir foto lebih gelap dari bagian tengah foto. Vignette pada intinya adalah salah satu cacat yang ada pada lensa, namun justru banyak orang yang mengatakan vignette bisa membuat foto terlihat fokus dan lebih dramatis karena mata pemirsa terterfokus di tengah, asal dipakai dengan pas.  Kalau anda tidak memiliki Lightroom dan hanya memiliki Photoshop, ikuti tutorial membuat vignette dengan phosohop disini.

Lightroom vignette

Didalam lightroom seperti kita ketahui ada modul develop, dimana kita bisa melakukan editing dengan beragam tool yang disediakan. Kalau anda sudah mengimpor foto yang akan ditambahi vignette, import sekarang juga. Nah kita mulai tutorial ini:

Foto asli:

Langkah 1. Klik Modul Develop di Lightroom

Lightroom develop

Langkah 2. Aktifkan Panel Effects

Dalam modul develop, lihat bagian kanan sebelah bawah, anda perlu scroll mouse kebawah jika perlu. Ada panel yang diberi nama Effects, klik segitiga kecil di bagian bawah.

Lightroom effects panel

Langkah 3. Bermain-main dengan setting Post-Crop Vignette

Post crop vignette adalah bagian dari panel effect seperi anda lihat dalam gambar diatas. Ada tiga pilihan dalam tool ini: Highlight Priority, Color Priority dan Paint Overlay. Hindari penggunaan Paint Overlay karena hasilnya terlihat palsu dan jelek (huh!).

Untuk foto ini, saya gunakan Color Priority. Sekarang kita akan menggeser-geser slider yang ada disini, saya set Feather di 0, Roundness di +100, Midpoint di 0 dan Amount di 100, sheingga mendapatkan border putih bulat seperti ini (jangan khawatir, warna putih akan kita ubah nanti):

Lightroom vignette 1

sementara dengan Feather dirubah menjadi +100, kita memperoleh vignette putih yang lembut seperti ini:

Lightroom vignette 2

Untuk mengurangi area vignette, saya ubah kembali Roundness ke -100 sehingga:

Lightroom vignette 3

Langkah 4. Ganti dengan warna hitam dan perhalus

Untuk mengganti vignette dengan warna hitam, kita cukup menggeser slider Amount: -56. Lebih jauh untuk memperhalus vignette, saya set Midpoint: 20, Roundness: -14, Feather : 100 dan highlight: 58. Sesuaikan dengan selera dan kondisi foto anda. Hasil akhirnya adalah seperti foto paling atas:

Lightroom vignette 4

Nah selamat bermain vignette.