Cara Membuat dan Menggunakan Photoshop Actions

Photoshop actions adalah fungsi photoshop yang sangat berguna untuk melakukan pekerjaan repetitif (berulang), seperti resize (mengubah ukuran foto), konversi format file (misal dari JPEG ke TIFF) atau melakukan perubahan warna pada sekelompok foto sekaligus. Dengan photoshop action kita bisa mengemat banyak waktu dengan menghindari pekerjaan sepele yang berulang.

Ambil contoh skenario sederhana: kita ingin me-resize sebuah foto. Maka langkah-langkah yang diperlukan adalah sebagai berikut:

  1. Saat sebuah foto terbuka, klik File > Image
  2. Masukkan ukuran yang anda inginkan, misal 600px x 400 px dengan resolusi 75
  3. lalu klik OK

Kelihatannya sepele bukan? Sekarang misalnya anda ingin melakukan resize pada 50 foto sekaligus, dijamin hal yang sepele ini akan menjadi cukup menyita waktu dan mengurangi kecepatan kerja kita.

Bukan hanya itu, photoshop actions juga bisa digunakan untuk menyimpan langkah-langkah editing yang berguna misalnya konversi foto ke black & white, sepia, memberi efek tertentu pada foto dan lain sebagainya.

Membuat photoshop actions

Berikut sekedar contoh bagaimana kita membuat sebuah photoshop action yang fungsinya cukup simpel: meresize foto ke ukuran 450 piksel

    • Buka sembarang foto dalam format JPEG
    • Sekarang klik Window > Actions (atau pencet kombinasi Control + F9)

Photoshop actions 01

    • Akan terbuka panel actions
    • Di panel action, klik ikon Create New Action di pojok kanan bawah

Photoshop actions 02

    • Saat muncul kotak dialog, isilah sesuai fungsi action yang dibuat. Ada opsi untuk shortcurt (dalam contoh ini Shift-F2 sehingga setiap kali anda memencet Shift-F2 saat sebuah foto terbuka fungsi resize dalam action ini akan dilakukan photoshop):

Photoshop actions 03

    • Klik di ikon Record dibawah, tombol tersebut akan berubah menjadi merah yang menandakan photoshop sedang merekam langkah-langkah yang anda lakukan di dalam action

Photoshop actions 04

    • Dengan Record aktif, lakukan resize. Klik Image -> Image Size, masukkan ukuran yang anda inginkan. Dalam contoh ini 450 piksel, lalu klik OK

Photoshop actions 05

    • Selesai, klik ikon Record lagi. Action yang anda buat akan menjadi seperti ini:

Photoshop actions 06

Membuat photoshop actions (video)

Berikut contoh video membuat photoshop actions:

Cara menggunakan photoshop actions

Untuk menggunakan photoshop actions diatas, adalah saat ada sebuah foto terbuka kita cukup memencet tombol kombinasi Shift + F2 sesuai setting yang kita buat. Kalau tidak ingin menggunakan shortcut, cukup buka panel actions, klik actions yang dimaksud dan klik tombol play.

Seringkali kita bisa mendapatkan file photoshop actions yang ada di internet. Sebagai contoh, silahkan anda download sebuah actions gratisan disini. File action memiliki ekstensi .atn. Saat anda mengunduh sebuah photoshop actions dari internet, cukup dobel klik file dengan ekstensi .atn tersebut sehingga akan terbuka di photoshop dan kita bisa menggunakannya dengan cara yang sama.

Nah selamat mencoba dengan fungsi actions yang lebih kompleks lagi.