Membuat Langit Lebih Biru Dengan Photoshop

Langit yang biru dan cerah merupakan idaman setiap penggemar fotografi, karena birunya langit akan menambah keindahan dan kedalaman foto. Namun langit yang biru seperti ini makin susah saja didapat, apalagi jika anda memotret obyek di kota – kota besar, abu-abu dan pucat adalah warna langit sehari-hari.

Untunglah dengan Photoshop kita bisa membuat langit lebih biru (lihat contoh diatas). Kita akan memanfaatkan tool bernama Graduated Filter yang tersedia dalam Adobe Camera Raw (otomatis di install bersamaan dengan anda menginstall Photoshop). Tool ini diciptakan untuk meniru cara kerja Filter Gradasi yang biasanya dipasang didepan lensa anda.

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Buka foto anda di Adobe Camera Raw. Jika anda memiliki foto dengan format raw anda bisa langsung membukanya di Adobe Camera Raw, jika anda memiliki foto dengan format JPG/JPEG atau TIFF ikuti langkah ini untuk membuka file tersebut di Camera RawScreen shot 2009-12-26 at 10.38.01 AM
  2. Aktifkan tool Graduated Filter, tekan tombol G di keyboard anda begitu foto sudah terbuka di Adobe Camera Raw, untuk mengaktifkan Graduated Filter tool
  3. Tekan dan tahan tombol Shift, sambil anda klik di ujung atas foto lalu tarik mouse anda ke bawah (tergantung ketinggian langit), untuk foto ini saya tarik sampai dibawah lambang Garuda.Screen shot 2009-12-26 at 10.39.32 AM
  4. Atur parameter di sebelah kanan. Mainkan parameter-parameter disebelah kanan sampai anda mendapat warna langit yang sesuai selera.
  5. Catatan: Grid gradien: pin hijau adalah ujung atas dan pin merah adalah ujung bawah. Exsposure: makin rendah maka makin gelap; saturation: makin besar akan makin kuat warnanya; color: untuk warna langit pilih warna biru tua di color picker.
  6. Jadi, warna langit di foto anda akan lebih menarik. Sekedar tambahan: anda juga bisa menggunakan trik ini untuk membuat gradien lainnya, bukan hanya warna langit.

Download foto yang dipakai diatas untuk mencoba tips ini, download dengan klik kanan > Save As. (250 KB)

Baca Juga:
Membuat foto warna lebih hidup dengan metode Lab Color Photoshop
Membuat Kolase foto dengan Shape Collage


8 pemikiran pada “Membuat Langit Lebih Biru Dengan Photoshop”

  1. saya pakai photoshop cs3, di adobe camera raw saya ketik huruf ‘G’ kok tidak bisa muncul tool graduated filter ya…? apa tutor di atas khusus untuk adobe photoshop cs 4?

    terima kasih

    • Mas Eko, metode yg dimaksud diatas hanya bisa diaktifkan via Adobe Camera Raw. Anda harus masuk dulu ke camera raw. Lihat daftar isi utk membuka file jpeg di camera raw.

      Terimakasih kembali 🙂

      • Sama dengan pertanyaan mas Eko, saya juga pakai Photoshop CS3 setelah masuk ke ACR pun dan diketik G tidak keluar graduated filternya.
        Apakah ACR yg digunakan di sini berbeda dgn yg saya gunakan? (4.6)

    • coba bantu… contoh diatas menggunakan Camera Raw versi 5.5 yang terintegrasi dengan Photoshop CS4, jadi teknik ini hanya bisa diaplikasikan untuk Photoshop CS4 keatas.
      saya sendiri pakai Photoshop CS3 dan menggunakan Camera Raw 4.6 dimana di versi 4.6 itu saya tidak menemukan fitur Graduated Filter, googling kesana kemari ttg fitur Graduated Filter untuk Camera Raw 4.6 belum ketemu juga… CMIIW

  2. pelajaran yang bagus pak, kalau boleh tlg perbanyak artikel mengenai cara/teknik penggunaan CS4 ,tq

Komentar ditutup.