Kamera

Memahami Mode AF Area Kamera DSLR

af-area-mode-kamera-dslr-nikon-canon

Dalam artikel mengenai mode autofokus alias AF Modes, kita sudah mengenal beragam mode autofokus yang ada dikamera DSLR: single, continuos dan hybrid. Nah yang kadang membingungkan bagi pemula adalah selain mode autofokus diatas, kebanyakan kamera DSLR juga menyediakan pilihan untuk menentukan dititik mana sajakah autofokus akan terjadi. Pilihan ini secara resmi dinamai AF-Area Modes. Dikelas kamera DSLR entry level pengaturan dilakukan di dalam menu, sementara kamera DSLR kelas semi-pro dan pro menyediakan tombo terdedikasi untuk memilih mode area autofokus.

af area mode

Mari kita bedah satu persatu:

Single Point AF

single-point-af-1-titik

Di kamera DSLR Canon dinamai “Manual AF Point” sementara di Nikon dinamai “Single Point”. Dalam mode ini kamera hanya akan menggunakan satu titik fokus dimana lokasi titik fokus ini kita sendiri yang menentukan.

single-point-spot-af

Kita bisa memindahkan titik fokus keatas, kebawah, kekanan dan kekiri. Dimana kita memindah titik fokus, disitulah kamera akan mencari fokus dan menguncinya. Pilihan mode ini biasanya cocok dipakai saat kita memotret benda diam atau landscape.

Dynamic Area AF-Mode

Dinamakan “Dynamic” di kamera DSLR Nikon dan “AF Point Expansion” di DSLR Canon. Didalam mode ini kita masih harus menentukan satu titik fokus dan kamera akan berusaha mencari fokus dititik tersebut. Namun saat fokus gagal dikunci dititik pilihan kita, maka kamera akan secara pintar mennggunakan titik-titik fokus disekitarnya untuk mendeteksi jika ada pergerakan obyek foto.

af-point-expansion

Mode Dynamic Area cocok dipakai saat kita memotret obyek yang bergerak cepat, misalnya burung atau anak kecil yang berlari. Jenis kamera DSLR yang lebih mahal biasanya memberi fasilitas untuk kita bisa memilih jumlah titik fokus disekitar yang bisa dipakai. Sebagai contoh di Nikon D700 kita bisa memilih antara 9 sampai dengan 21 titik fokus. Di kamera Canon 5D Mark iii, pilihanya adalah 4 atau 8 titik fokus tambahan.

Auto Area AF Mode

dynamic-area-af-mode-51-titik

Di kamera DSLR Nikon dinamai “Auto-Area AF Mode” sementara di kamera Canon dinamai “Automatic AF Point Selection”. Dalam mode ini kita tidak harus memilih titik fokus, kamera akan secara otomatis menentukan titik fokus mana yang akan diaktifkan. Mode ini biasanya mendeteksi obyek yeng mudah dikenali, misalnya manusia (karena skin tone). Jika ada beberapa orang sekaligus, maka kamera akan memilih orang yang berdiri paling dekat dengan kamera.

Jika kamera tidak mendeteksi adanya manusia (skin tone), bisanya dia akan menngunci fokus pada obyek terdekat pada kamera atau paling besar. Mode ini tidak disaarankan kalau anda mencari akurasi dan presisi yang tinggi di sebelah mana fokus akan dipilih.

Mode Area AF Lainnya

Ada beberapa kamera yang menyediakan fitur seperti halnya Face Priority AF, Face Recognition, Smile bahkan sekarang kamera bisa mendeteksi kedipan mata. Di Canon 7D misalnya tersedia pilihan “Spot AF” dimana kita bisa memilih titik fokus didalam sebuah titik fokus (yang kecil sekali). Mode-mode ini adalah fitur tambahan yang bisa dipakai dalam kondisi khusus.

 

Bagaimana Mengubah Mode AF Area?

Saya sarankan anda membuka manual kamera masing-masing, karena ada kemungkinan akan berbeda dari satu kamera ke kamera lainnya.

Berikut contoh di Nikon D3100:

  1. Tekan tombol information edit dua kali lalu scroll kebawah ke AF-area mode (baris ke-6)
  2. Tekan OK
  3. Gunakan selector untuk memilih SIngle-Point AF, Dynamic Area AF, Auto-Area AF atau #D-Tracking.
  4. Pencet Ok
  5. Pencet lagi tombol information edit untuk keluar dari menu.

Di Canon 5D Mark III misalnya, anda bisa memilih area AF dengan masuk ke menu AF lalu pilih Select AF area Selec. mode, pilih mode yang diinginkan lalu pencet SET.

Di Nikon D300/D300s atau kamera Nikon level pro, anda bisa memilih mode area AF melalui selektor khusus seperti ini:

af area mode

Nah selamat mencoba.