Lomba Foto Indonesia Di Hatiku

Direktorat Pengembangan Seni Rupa dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengadakan lomba foto dengan tema Indonesia Di Hatiku.

Lomba foto indonesia di hatiku

Salah satu daya tarik utama lomba foto ini adalah hadiahnya. Selain hadiah uang yang kalau tidak salah totalnya mencapai lebih dari Rp 280 Juta, para pemenang dan finalis juga akan memperoleh piala Presiden RI (dan baca juga point 13 dan 14 ketentuan umum di bawah ini). Dan enaknya lagi, lomba dibagi menjadi 3 kategori: Pelajar, Mahasiswa dan Umum. Jadi kemungkinan menang menjadi lebih terbuka terutama bagi pembaca yang masih bersekolah atau kuliah.Lomba foto Indonesia Di Hatiku ini akan ditutup tanggal 18 Juli 2013.

Hadiah Pemenang

Berikut ini rincian hadiah yang disediakan oleh panitia lomba.

Kategori Pelajar mendapatkan hadiah:

  • Juara I : Piala Presiden, Piagam dan Uang sebesar Rp 30.000.000
  • Lima Finalis Pelajar : Piala Presiden, Piagam dan uang sebesar Rp 7.500.000

Kategori Mahasiswa mendapatkan hadiah :

  • Juara I: Piala Presiden, piagam dan uang sebesar Rp 40.000.000
  • 5 Finalis: Piala Presiden, piagam dan uang sebesar Rp 10.000.000

Kategori Umum mendapatkan hadiah :

  • Juara I: Piala Presiden, piagam dan uang sebesar Rp 50.000.000
  • 5 Finalis: Piala Presiden, piagam dan uang sebesar Rp 15.000.000

Ketentuan Lomba

  1. Lomba ini terbuka untuk pelajar, mahasiswa, dan umum. Warga Negara Indonesia
  2. Setiap peserta hanya bisa mengikuti lomba dengan memilih satu kategori saja dari daftar yang telah ditentukan dengan verifikasi data lomba melalui alamat email yang digunakan
  3. Karya foto yang dikirim adalah karya ciptaan sendiri (dua tahun terakhir, yang
    akan dibuktikan dari data exif file foto), belum pernah dipublikasikan di media cetak skala nasional, dan belum pernah memenangkan penghargaan dalam lomba fotografi apapun
  4. Foto yang diikutsertakan dalam lomba adalah hasil foto dari pemotretan menggunakan kamera digital.
  5. Peserta diberikan kebebasan dalam memilih objek fotografi yang dimiliki daerahnya masing-masing (sesuai identitas diri) meliputi kategori (objek): alam,ciptaan manusia, adat istiadat dan budaya.
  6. Obyek foto harus diambil dari domisili sesuai provinsi peserta. Gambar dari provinsi lain (bukan domisili peserta) tidak dapat diikutsertakan dalam penilaian. (akan dilakukan verifikasi setelah peserta terpilih sebagai nominator).
  7. Setiap foto harus dilengkapi identitas diri peserta seperti: kategori lomba, nama fotografer, judul foto, alamat, nomor telepon/hp, e-mail dan identitas diri yaitu kartu pelajar, kartu mahasiswa, atau KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  8. Hak cipta melekat pada fotografer, namun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diberikan hak/ijin untuk memublikasikan foto yang masuk nominasi (finalis) untuk kepentingan non-komersial dalam lingkup kegiatan lomba foto ini. Panitia dibebaskan dari tuntutan pihak ke–3, bila foto digunakan untuk keperluan tersebut.
  9. Seluruh karya yang masuk ke Pantia akan diseleksi oleh Dewan Juri, untuk mendapatkan 30 nominator, yang terdiri dari :
    a. 10 foto kategori pelajar
    b. 10 foto kategori mahasiswa
    c. 10 foto kategori umum
    d. Dan memilih 180 karya untuk dipamerkan (60 pelajar, 60 mahasiswa, dan 60 umum)
  10. Pengiriman karya dimulai 6 Mei 2013 dan ditutup tanggal 18 Juli 2013 pukul 24.00 WIB
  11. Nama nominator akan diumumkan melalui website www.fotografiindonesia.net pada tanggal 29 Juli 2013.
  12. Seluruh karya foto yang telah diunggah peserta dapat dilihat setelah tanggal penutupan lomba di website www.fotografiindonesia.net
  13. 30 Nominator akan diundang ke Jakarta untuk mengikuti workshop fotografi pada tanggal 15–17 Agustus 2013.
  14. Panitia akan menanggung biaya transportasi peserta (dari daerah asal ke Jakarta P.P.) transportasi lokal, akomodasi dan konsumsi selama mengikuti workshop fotografi.

Infomasi Resmi

Informasi lebih jauh mengenai ketentuan, tata cara, penilaian dan pengiriman foto, silahkan klik situs Lomba dan Pameran Foto Indonesia 2013. Jangan lupa, lomba ditutup tanggal 18 Juli 2013. Selamat berlomba.