Lensa

Mengenal Lensa Standar atau Normal

Didunia fotografi, lensa normal atau lensa standar adalah lensa yang memiliki cakupan pandang mirip dengan mata manusia dalam kondisi normal, oleh karena itu disebut lensa normal. Kenapa disebut standar? pertama karena sudut pandang yang mirip mata manusia sehingga tidak terdistorsi. Kedua, karena lensa dengan focal length (apa itu focal length?) lebih pendek memberi efek distorsi melebar sementara lensa yang memiliki focal length lebih panjang dibanding lensa standar memberi efek distorsi terkompresi.

Lensa Canon EF 50mm f 1 2 L USM on 1Ds Mark III

Lensa dengan panjang focal lebih pendek dibandingkan lensa standar dinamai lensa sudut lebar (wide angle). Sementara lensa dengan panjang fokal lebih panjang dibanding lensa standar dinamai lensa tele.

Panjang Focal Lensa Standar Era kamera Film

Focal length lensa standar ditentukan oleh ukuran sensor kameranya. Sebuah lensa dengan focal length sama dengan ukuran diagonal sensor (film) kamera bisanya disebut lensa standar. Di jaman kamera film 35mm, lensa standar adalah semua lensa dengan focal length 50mm. Ukuran 50mm adalah pendekatan semata, karena pada prakteknya semua lensa dengan rentang focal length antara 40 – 58 mm bisa dikategorikan lensa standar. Hanya karena Leica yang mempelopori film berformat 35mm memilih membuat lensa dengan panjang focal 50 mm maka semua produsen kamera mengikutinya.

Panjang Focal Lensa Standar Kamera Digital

Pada kamera digital, sebuah sensor menggantikan film. Dan ukuran sensor kamera digital pada prakteknya ada beberapa macam. Seperti diulas dalam artikel kamera full frame vs kamera crop, kita bisa mengetahui panjang focal lensa standar untuk masing-masing format sensor sebagai berikut:

    • Untuk kamera Four Third dan Micro Four Third – yaitu semua kamera DSLR dan Mirrorless keluaran Olympus dan Panasonic, lensa standar adalah lensa dengan focal length sekitar 20 – 25 mm. Contoh lensa standar untuk format sensor ini adalah lensa Olympus Zuiko 25mm f/2.8 Pancake atau Lensa Panasonic Leica Summilux 25mm f/1.4.
    • Untuk kamera dengan format sensor APSC (faktor crop sekitar 1.5 x) – hampir semua kamera DSLR dan mirrorless kelas pemula dan menengah selain full frame, misal: Nikon DX – Nikon D3200, Nikon D7000 atau Canon 7D, Canon 650D, Sony Alpha 77 atau Mirrorless Sony NEX-5N. Kalau anda memiliki kamera dengan format sensor ini, maka lensa standar bagi anda adalah lensa dengan focal length sekitar 25 – 30 mm. Contoh lensanya adalah: Canon 28mm f/2.8 atau Sigma 30mm f/1.4.
    • Untuk kamera full frame yang memiliki ukuran sensor sama dengan ukuran film – misalnya Canon 5D Mark II atau Nikon D700, Nikon D800 atau Leica M, maka lensa standar adalah semua lensa yang memiliki panjang focal mendekati 50mm. Misalnya lensa Nikon AF-S 50mm f/1.8 atau Canon 50mm f/1.2L

Dalam artikel mendatang kita akan mempelajari apa saja keuntungan lensa standar.

Follow @belfot di twitter untuk update dan informasi unik fotografi lainnya.