Lensa Kit Untuk DSLR Canon

Di artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai beberapa opsi lensa kit untuk Nikon, sekarang gilirannya untuk kamera DSLR Canon. Kalau untuk Nikon pilihan lensa kita relatif sedikit, Canon menyediakan variasi lensa kit yang lumayan banyak. Berikut beberapa pilihan lensa kit-nya:

1. Canon EF-S 18-55mm f/3.5-5.6 IS II

Lensa kit populer ini biasanya dijual bersama dengan body kamera EOS 600D, 650D dan 60D dan sudah mengalami perubahan ketiga. Saat dibeli sepaket, lensa ini dihargai sangat murah. Sebagai contoh, saat kita membeli EOS 650D body only, kita membayar sekitar Rp. 7 Juta, namun saat membeli paket kit 650D + 18-55mm ini kita cukup membayar sekitar Rp 7,8 Juta, jadi net harga lensa ini sekitar Rp 800 ribu. Sementara saat dibeli terpisah, harganya adalah sekitar Rp. 1,7 Juta.

Lensa ini meskipun murah dan kualitas gambar yang dihasilkan terbatas serta kualitas material yang biasa saja, namun memiliki fitur yang lumayan. Dilengkapi dengan image stabilizer yang menghemat 4 stop exposure serta memiliki mfd yang cukup pendek, sekitar 25cm.

DPReview menyebut lensa versi ini jauh lebih bagus dibandingkan generasi sebelumnya dan fitur IS-nya berfungsi dengan sangat baik, sehingga secara keseluruhan fungsinya sebagai lensa kit basic sangat terpenuhi.

Contoh foto:

conquering the time

Apple Picking

2. Canon EF-S 18-135mm f/3.5-5.6 IS

Lensa super-zoom ini biasanya ditawarkan satu paket dengan body kamera EOS 600D, 60D dan 7D. Lensa ini mengalami upgrade ke versi terbaru dengan STM (stepping motor) yang harganya Rp. 1 Juta lebih mahal dibanding versi non-STM. STM diklaim Canon mampu meningkatkan kemampuan dan kecepatan autofokus dan lebih senyap. Saat dibeli sepaket dengan kamera EOS 7D misalnya, kita bisa menghemat Rp. 2 Juta daripada harus membelinya secara terpisah.

Photozone mengklaim bahwa lensa ini jauh lebih baik dibandingkan lensa kit 18-200mm f/3.5-5.6 IS, memiliki autofokus yang cukup baik namun sebaiknya penggunaan di aperture lebar dihindari karena hasilnya cukup soft.

Contoh foto:

Water Lily

94 Turner Motorsport BMW M3

3. Canon EF-S 17-85mm f/4-5.6 IS USM

Lensa ini dulu biasanya dijual satu paket dengan body kamera Canon EOS 60D. Secara kualitas, lensa ini lebih baik dibanding lensa kit 18-55mm, dan itu tercermin dari perbedaan harga diantara keduanya yang sekitar Rp. 4 Juta (17-85 lebih mahal).

Contoh foto:

Westonbirt (14 of 47)

Heard Of Cows?

4. Canon EF-S 15-85mm f/3.5-5.6 IS USM

Lensa kit ini biasanya dijual sepaket dengan Canon EOS 7D.

Lensa kit satu ini diakui memiliki performa optik dan mekanis yang sangat baik sebagai lensa kit. CameraLabs menyebut lensa ini sebagai lensa multi guna dengan kualitas tinggi bagi pemilik kamera crop. Ken Rockwell menyebut bahwa lensa ini tajam, tidak mengecewakan serta bokehnya boleh juga.

Contoh foto:

Automne à Saint Rémy

L'Amour est une surprise qui nous arrache à l'insipide, l'attachement est un lien qui se tisse au quotidien (B. Cyrulnik)

5. Canon EF 24-105mm f/4L IS USM

Mungkin ini satu-satunya lensa seri L (luxury) yang dijadikan lensa kit). Lensa satu ini dijual bersama dengan body kamera full frame Canon EOS 5D mark II. Saat dibeli terpisah, harganya bisa sampai Rp. 10 Juta, namun saat dibeli bersama 5D MK III dihargai sekitar Rp. 8 Juta.

Sebagai lensa seri L, lensa ini memiliki kualitas optik yang bagus dan kualitas materialnya pun sangat kuat. Luminous Landscape menyebut lensa ini sebagai lensa yang sangat praktis dan mumpuni. Photozone menulis bahwa lensa ini sangat impresif dan resolusinya juga sangat bagus.

Contoh foto:

Autumn Eyes

Lions Head