Lensa

Mengenal Lensa Fisheye

Lensa ini dinamai fisheye karena bentuk fisiknya yang menyerupai mata ikan, dengan bagian depan optik yang menyembul keluar. Lensa fisheye merupakan jenis lensa ultra wide-angle yang menghasilkan distorsi visual yang disengaja untuk menghasilkan foto lebar panoramik atau hemisperik. Hal penting yang membedakan lensa fisheye dengan jenis lensa lainnya adalah bahwa dari sudut pandang desain produksi, distorsi yang dihasilkan lensa fisheye ini tidak perlu dikoreksi.

Lensa fisheye

Kalau melihat kegunaan dan mekanismenya, terdapat tiga jenis lensa fisheye: circular fisheye, diagonal/full frame fisheye dan lensa fisheye zoom. Mari kita perdalam satu persatu:

1. Circular Fisheye

Fisheye sky

Lensa circular fisheye ini memproyeksikan sudut pandang 180 derajat dan menghasilkan gambar melingkar di hasil akhir foto. Jenis lensa ini cukup jarang dipakai, biasanya dipakai untuk memonitor cuaca agar bisa melihat langit secara keseluruhan.

Beberapa lensa circular fisheye:
– Sigma 8mm f/3.5 EX DG (untuk kamera full frame)
– Peleng 8mm f/3.5 (Untuk kamera full frame)
– Sigma 4.5mm f/2.8 EX DC Fisheye HSM (untuk kamera crop APSC)

2. Diagonal/Full Frame Fisheye

Goofy Lady on the Tomorrowland Transit Authority Peoplemover

Lensa diagonal fisheye adalah jenis lensa fisheye yang memanfaatkan semua area sensor. Lensa diagonal fisheye ini tidak memiliki cakupan 180 derajat, namun memenfaatkan semua area sensor agar bisa menampilkan gambar selebar mungkin. Hasilnya adalah foto biasa namun dengan cakupan super lebar. Dibandingkan circular fisheye, jenis ini lebih banyak dipakai. Lensa ini juga dikenal dengan full frame fisheye dan biasanya memiliki panjang focal sekitar 15mm pada kamera full frame atau sekitar 10mm pada kamera crop APSC.

Beberapa lensa fisheye full frame/diagonal untuk kamera crop APSC:
– Samyang 8mm f/3.5 fisheye
– Sigma 10mm f/2.8 EX DC fisheye HSM
– Nikon AF DX 10.5mm f/2.8G ED

Beberapa lensa fisheye full frame/diagonal untuk kamera full frame:
– Canon 15mm f/2.8 (diskontinyu)
– Sigma 15mm f/2.8 EX DG Diagonal Fisheye
– Zenitar 16mm f/2.8 Fisheye

3. Lensa Fisheye Zoom

Canon baru saja merilis lensa zoom yang mencakup keseluruhan rentang fisheye, dari 8mm sampai 15mm. Lebih tepatnya lensa 8–15mm f/4L. Lensa ini cukup mahal dan ditilik dari bukaan terbesarnya, sebenarnya cukup lambat namun dengan membeli lensa ini, orang bisa mendapatkan dua jenis fisheye sekaligus: circular dan diagonal.

Lebih jauh dengan lensa fisheye, silahkan lihat 20 contoh foto dari lensa fisheye disini.