Kamera

Desainer Apple, Jony Ive Merancang Kamera Leica Terkeren Yang Pernah Ada

leica2
Jony Ive adalah kepala desainer Apple yang legendaris dan telah melahirkan banyak karya fenomenal; iPhone, iPad serta jajaran komputer Mac, yang rata-rata secara estetika memiliki citarasa yang tinggi. Bagaimana kalau Jonny Ive ditugasi untuk merancang kamera Leica? Beginilah jadinya.

Berduet dengan rekan desainer, Marc Newson, Jony Ive bekerja merancang kamera Leica M khusus yang hanya akan diproduksi sebanyak SATU biji. Dan kamera satu-satunya ini akan dilelang untuk kemudian hasil lelangnya akan disalurkan ke badan amal yang memerangi AIDS, TBC dan malaria.

leica8

Body Leica yang biasanya ada tekstur kasar, oleh Ive diganti menjadi body aluminium halus yang secara khusus dipahat dengan laser. Permukaan semacam jaring yang terlihat dalam foto diatas, terdiri dari 21 ribu perforasi dan dirancang dengan cermat sehingga menciptkan harmoni tertentu. Kamera ini dirancang di meja desain selama 85 hari dan diproduksi secara hand made selama 735 jam. Dibutuhkan 550 model dan 1000 prototype sebelum bentuk akhir diputuskan. Bentuk akhir memang memiliki ciri khas Ive yang harmonis dan elegan. Kamera rangefinder ini dilengkapi dengan lensa Leica APO-Summicron M 50mm f/2 ASPH yang juga dirancang khusus.

Bisa dibilang inilah kamera Leica dengan tampang paling keren yang pernah ada. Sayang sungguh sayang, hanya satu yang diproduksi. Lebih sayang lagi, belfot tidak kuat membelinya dan hampir tidak ada pembaca belfot yang kuat membelinya…

leica7

leica5

leica4