Ubah Foto Menjadi Poster Dengan Photoshop

Kita akan mencoba membuat poster ala pameran foto menggunakan koleksi foto sendiri dengan beberapa langkah mudah menggunakan Photoshop CS3 keatas. Kalau anda belum terlalu jelas bagaimana hasil akhir desain poster ini, contoh hasil akhir akan telihat seperti pada gambar dibawah ini. Anda bisa mencetak foto terbaik anda dan menempelkannya di dinding ruang tamu misalnya.

Frame poster final

Oke ini langkah-langkahnya:


Langkah Pertama

Buka photoshop, lalu pencet Ctrl-N (atau Command-N) untuk membuat dokumen baru, untuk poster ini saya gunakan ukuran 30×40 cm, anda bisa mengubahnya sesuai keperluan. Gunakan resolusi 240 ppi untuk printer standar.

Layout poster photoshop 01

Langkah Kedua

Buka foto yang ingin anda pakai sebagai poster, pencet V untuk mengaktifkan move tool, lalu klik dan tarik foto ke atas layer yang anda buat di langkah pertama. Lalu pencet Control-T (command-T) untuk mengaktifkan free-transform. Tekan lalu tahan tombol Shift, tarik foto dari sudut lalu posisikan seperti gambar dibawah, tekan Enter.

Untuk memastikan posisi foto ada ditengah layer background, tekan dan tahan tombol control/command lalu klik di kedua layer. Lalu pada options bar, klik di Align Horizontal Centers, lihat gambar dibawah:

Layout poster photoshop 02

Langkah Ketiga

Di layer panel, klik pada background layer. Sekarang klik icon New Layer di bawah layer panel untuk membuat layer baru. Aktifkan Rectangular Marquee tool (M),, lalu buat seleksi mengelilingi foto seperti pada gambar dibawah:

Layout poster photoshop 03

Kita akan mengubah seleksi ini menjadi garis tipis yang mengelilingi foto. Pencet tombol D lalu pencet X untuk mengubah foreground menjadi putih, lalu isi seleksi dengan warna putih dengan memencet bersamaan Alt-Backspace atau di mac Options-Delete.

Langkah Keempat

Untuk mengubah garis tadi, klik pada Add a Layer Style pop-up, lalu pilih inner glow:

Layout poster photoshop 04

Lalu ikuti opsi dibawah ini saat kotak dialog muncul: blending mode-normal, opacity-20%, warna-hitam, size-5px. Lalu klik OK:

Layout poster photoshop 05

Setelah itu klik Ctrl-D untuk menghilangkan seleksi, garis sudah berubah menjadi garis putih tipis.

Langkah Kelima

Sekarang waktunya menambahi tulisan di poster. Anda bisa menulis apapun yang anda mau disini, contoh disini hanyalah keisengan bang belfot. Untuk membuat layer text, pencet T di keyboard. Lalu mulailah menulis. Disini saya menggunakan font trajan pro berukuran 24 point untuk tulisan besar dan 18 point untuk tulisan besar.

Layout poster photoshop 07

Agar posisi text selalu ditengah, pencet Control lalu klik di kedua layer: layer text dan layer background, lalu klik di Align Horizontal Centers.

Layout poster photoshop 06

Cara termudah untuk membuat tulisan dalam 3 baris adalah dengan menggunakan opsi duplicate layer (Control-J).

Oke, poster dari foto anda sudah jadi seperti di gambar paling atas. Selamat mencoba ya..