Foto Komposit Oasis Ini Dihasilkan Dari 1500 Jepretan Foto

Stephen Wilkes adalah fotografer National Geographic yang memiliki spesialisasi unik, dia jago membuat foto komposit yang disusun dari ribuan foto. Sebagai contoh, foto di bawah ini adalah foto sebuah oasis di Gurun Serengeti di Tanzania yang meliputi pemandangan oasis dari fajar-pagi-siang-petang-malam-sampai pagi lagi. Foto ini merupakan bagian dari proyek Wilkes bertitel Day to Night.

Komposit stephen wilkes serengeti oasisWilkes menyusun foto oasis ini dari 1500 frame foto tunggal dari kamera digital format besar 4×5 yang dijepret dari posisi yang sangat stabil. Ribuan foto ini terkumpul dalam jangka waktu sampai 30 jam. Selama 30 jam yang melelahkan tersebut, Wilkes duduk dengan tekun dan tenang sambil mengambil eksposure di sebuah replika buaya supaya tidak menakuti beraneka hewan yang hilir-mudik mendatangi oasis tersebut.

Proses selanjutnya adalah memilih frame terbaik dari masing-masing rentang waktu, lalu mengggabungkannya dalam satu foto komposit. Proses komposit foto ini juga memerlukan konsentrasi, kemampuan processing jempolan dan ketekunan. Butuh waktu berminggu-minggu untuk menyelesaikan proses editing dan menggabungkan foto perubahan waktu ini menjadi satu foto tunggal terbaik.

Anda bisa mengunjungi website pribadi Stephen Wilkes untuk melihat karya-karya lainnya, kunjungi juga halaman facebook dan juga instagramnya. Versi lebih besar dari foto ini bisa anda lihat di sini.

Via National Geographic, Petapixel dan Reddit.