Komposisi Foto: Ruang Negatif

Dalam fotografi, ruang negatif adalah ruang yang mengelilingi obyek utama sebuah foto. Dalam dunia desain, ruang negatif juga dikenal sebagai ruang putih (white space). Susah untuk mendeskripsikan ruang negatif, lebih mudah diterangkan dengan sebuah contoh foto, seperti dibawah ini:

Oranges and Yellows on Blue

Dalam foto diatas, subyek utama foto adalah dua orang yang sedang mengayuh kayak, sementara ruang negatifnya adalah permukaan air danau berwarna biru yang terlihat sangat luas.

Ruang negatif meski kadang tidak memiliki detail dan seringkali bahkan tidak berisi apapun, memiliki perananan penting dalam foto. Ruang negatif kerap dimanfaatkan oleh fotografer untuk memperkuat obyek utama. Luas dan sepinya ruang negatif membuat mata kita bisa berfokus pada obyek utama yang jauh lebih menonjol meski ukurannya kecil. Dengan memperkuat obyek utama, sebuah foto menjadi lebih mudah dicerna dan dinikmati.

Crostini with fruits by Yuliya Gontar on 500px.com

Didunia desain maupun arsitektur, konsep minimalisme adalah sebuah konsep yang memanjakan ruang negatif. Dengan hanya menggunakan elemen yang benar-benar esensial dan menghilangkan elemen-elemen yang tidak perlu, sebuah desain minimalis (baik grafis maupun rumah) terasa memiliki ruang bernafas yang luas dan terasa lega. Ditengah hiruk-pikuk dan semrawutnya lingkungan yang kita temui sehari-hari, sebuah foto yang menawarkan banyak ruang bernafas memiliki daya tarik sendiri karena menawarkan liburan dan hiburan buat mata kita.

Anda bisa mencoba menggunakan ruang negatif untuk memperkaya cita rasa foto-foto anda. Lain kali saat akan memotret, pikirkan ruang sepi dan lega dalam foto supaya obyek utama yang ingin anda tonjolkan bisa bernafas lega serta foto secara keseluruhan berasa seimbang.

High angle view of Pacific Islander woman making sand angel on beach by Gable Denims on 500px.com