Kisah Dibalik Kesuksesan Sebuah Foto Yang Terjual Seharga Rp. 13,1 Miliar

Ralph Clavenger adalah seorang fotografer nature profesional yang terhitung sangat beruntung. Beruntung karena foto karyanya ini bisa terjual dengan total harga US$ 900 ribu, setara dengan Rp. 13,1 Miliar dengan kurs hari ini. Foto ini barangkali adalah foto paling mahal dalam sejarah stok foto. Sebuah prestasi yang mungkin susah terulang saat ini. Bagaimana cerita dibalik kesuksesan foto ini?

Ralph clavenger iceberg

Saat diwawancara, ralph mengungkapkan bahwa foto ini sebenarnya adalah komposit (gabungan) dari empat foto yang diolah dengan bantuan photoshop bersama salah satu temannya. Hanya karena mereka membuatnya di jaman ketika komposit foto masih sangat jarang dan belum banyak yang bisa melakukannya (tahun 1997), sehingga foto ini terjual laris.

Mereka memotret 2 iceberg salju masing-masing di Alaska dan Antartika, keduanya terapung di atas permukaan air. Foto bawah air mereka buat di pantai California. Komponen terakhir adalah foto langit. Lantas dengan bantuan Photoshop, mereka membuat salah satu bongkahan salju yang sebenarnya ada di atas permukaan menjadi seperti tenggelam di bawah air dan menyusun empat komponen foto menjadi satu kesatuan. Proses paling sulit adalah membuat komposit foto mereka tampak alami dan bukan hasil komposit mengingat fitur photoshop tahun 1997 masih sangat minim, bagian tersulit adalah memastikan arah cahaya yang terlihat alami.

Pada tahun 1997, konsep bahwa hanya secuil bagian iceberg yang terlihat di atas permukaan sementara bagian besarnya justru tersembunyi di bawah air sedang menjadi tren hot sebagai jargon banyak perusahaan, sementara belum ada foto yang tersedia. Jadilah karya mereka sangat laris dibeli banyak perusahaan raksasa untuk keperluan iklan maupun keperluan internal manajemen mereka. Chrysler dan Mercedez pernah memasang iklan sehalaman penuh dengan menggunakan foto ini. Itu masih dilengkapi dengan kemampuan marketing yang mumpuni dari agensi stok foto tempat Ralph bernaung untuk menjual fotonya.

Simak video wawancara dengan fotografer Ralph Clavenger berikut ini:

Anda bisa melihat karya-karya Ralph Clavenger lainnya di sini, kunjungi juga portfolio di website pribadi Ralph.