AE-L/AF-L

Definisi AE-L/AF-L

Tombol AE-L/AF-L (Nikon) atau tombol bintang (*) di Canon adalah singkatan dari “Auto Exposure Lock (AE-L)” dan “Auto Focus Lock (AF-L)”.
Nikon D3100 AE L AF L
Untuk tombol AE-L, pada intinya tombol ini diapakai untuk mengunci nilai exposure dan atau fokus kamera. Apa artinya? artinya saat anda menggunakan salah satu Mode Program, Aperture Priority, Shutter Priority atau mode scene, anda bisa memanfaatkan tombol AE-L ini untuk mengunci nilai exposure: angka shutter speed, angka aperture, ISO dan bahkan nilai white balance sehingga tidak berubah-ubah saat kita mengkomposisi ulang kamera.

Bagaimana dengan fungsi AF-L (Auto Focus Lock)? tombol ini digunakan untuk memaksa kamera untuk tidak menggerakkan lensa dan berhenti melakukan auto focus saat kita mengkomposisi ulang frame.

Canon T2i AE Lock

Pada kamera DSLR, Mirrorless dan Prosumer, tombol untuk fungsi mengunci exposure dan auto focus ini dilambangkan dengan AE-L/AF-L atau tanda bintang (*). Melalui menu di kamera, tombol ini bisa difungsikan sesuai kebutuhan kita, misalnya ingin dipakai mengunci exposure dan focus, atau exposure saja, atau fokus saja. Dibeberapa kamera, tombol ini bisa difungsikan jadi tombol AF-ON untuk melakukan proses autofocus. Ragam dan kompleksitas kontrol akan tergantung model kamera anda, semakin tinggi kelasnya akan makin banyak hal yang bisa dilakukan dengan tombol AE-L/AF-L ini.

Penggunaan:

Salah satu contoh pemanfaatan utama tombol AE-L adalah saat kita memotret panorama. Saat memotret panorama, penting bagi kita untuk mempertahankan nilai exposure yang konsisten dari frame satu ke yang lain. Kalau nilai exposure berubah, software apapun akan kesulitan “menjahit” rangkaian frame foto kita menjadi foto