Kamera lain-lain

Seberapa Tahan Bantingkah Kamera DSLR? Sangat Tangguh!

Apa yang terjadi saat sebuah kamera diuji sampai batas kekuatan maksimalnya? itulah yang ingin dilihat oleh tim DigitalRev. Mereka menggunakan Canon 7D, kamera DSLR kelas menengah dan mengujinya dengan “siksaan fisik” yang sedikit konyol namun faktual, seperti berikut ini:

  • Pertama, mereka memasang Canon EOS 7D di tripod, lalu menabraknya dengan truk yang melaju dengan kecepatan sedang hingga kamera terpelanting. Hasilnya? hanya sedikit lecet.
  • Kedua, mereka meletakkan Canon 7D + lensa di sebuah tas kamera lalu menaruhnya di kursi roda. Kursi roda ini kemudian di luncurkan di puluhan anak tangga tinggi sehingga kamera terbentur-bentur ke tangga beton. Hasilnya? lensa terlepas namun kamera tetap bekerja normal.
  • Ketiga, mereka membungkus kamera di wrapper plastik, menaruhnya di kotak tupperware lalu memasukkannya ke freezer kulkas sampai beku selama sehari. Setelah dikeluarkan, kamera tampak keras dan beku seperti es batu. Itu masih ditambah “siksaan” tambahan, saat masih beku kamera ditembak berkali-kali dengan airsoft gun. Kamera tampak terisi bongkahan es batu dan semua ruangan dalam kamera basah kuyup. Setelah itu, Canon 7D yang malang ini lalu di oven dalam suhu sedang dan dikeringkan.
  • Siksaan terakhir adalah api. Mereka membakar kamera selama beberapa menit sampai semua plastik tampak leleh dan body tampak peyot di sana-sini.

Silakan tonton video nya  di sini:

Dan apakah yang terjadi pada kamera ini setalah rangkaian kekejian ini? Badan luar kamera tampak setengah hancur, namun rangka utama dari magnesium alloy tetap kokoh. Selain viewfinder yang rusak karena dibekukan, secara ajaib Canon EOS 7D tersebut tetap berfungsi meski tidak sempurna dan bahkan tetap bisa menghasilkan foto setelah dipasangi lensa. Luar biasa…

Meski terbukti tangguh, jangan coba-coba melakukan siksaan apapun pada kamera kamu… don’t try this at home!