Inspirasi

Ingin Tahu Lensa Mana Yang Cocok Dengan Seleramu? Coba Ini

Willie Chik, programmer komputer yang juga fotografer membuat sebuah aplikasi web yang bisa membantu kita menemukan lensa yang paling pas dengan selera kita. Caranya? dengan menampilkan puluhan foto contoh dan lantas kita memilih 20 foto yang paling kita senangi. Dari pilihan 20 foto ini, algoritma aplikasi akan menentukan lensa mana yang paling pas dengan selera dan ketertarikan kita.

Namun mengingat aplikasi WhatTheLens ini baru dibuat 3 minggu lalu, database lensa yang dimiliki Willie masih terbatas. Sejauh ini dia hanya men-support lensa dengan mount untuk kamera Canon (EF) dan Nikon (F). Namun sebenarnya nggak masalah sih,  tinggal kita sesuaikan tipe lensa yang disarankan aplikasi untuk lensa sejenis yang sesuai dengan mount kamera kita.

Saya sempat mencoba memilih 20 foto pemandangan dari puluhan foto yang ditampilkan, dan aplikasi memilihkan lensa Canon EF 17-40mm f/4L. Rekomendasi yang cukup pas. Kalaupun saya merasa kemahalan, saya tinggal mencari substitusi lensa yang mirip namun harganya lebih murah. Perlu diingat juga bahwa panjang focal yang dipakai adalah untuk sensor full frame, jadi ketika anda memakai kamera crop, tentu harus memperhitungkan crop factor. Lihat di sini perbedaan kamera full frame dan kamera crop.

Aplikasi web ini bisa anda buka di situs WhatTheLens.

Selamat mencoba.