Berita Mobile

Huawei P9, Smartphone Android Dengan Kamera Ganda Leica

Huawei baru saja mengumumkan smartphone seri P9 dan P9 Plus. Yang unik, kedua ponsel pintar ini dibekali dengan kamera ganda (dual kamera) yang dibuat dari hasil kerjasama antara Huawei dengan Leica, pembuat kamera ikonik dari Jerman. Huawei 9P memiliki ukuran layar 5,2 inci sementara 9P Plus berukuran 5,5 inci, keduanya memiliki resolusi tampilan 1080p.

Huawei p9 depan 1

Dengan dibekali dual kamera, Huawei 9P memiliki satu fitur yang tidak dimiliki smartphone kebanyakan. Kita bisa menentukan titik fokus SETELAH mengambil foto, bukan hanya saat memotret. Kita juga bisa bermain-main dengan latar belakang yang kabur (background blur) dengan dual kamera ini.

Huawei p9 depan

Kerjasama Huawei-Leica dalam hal kamera smartphone ini sebenarnya mirip dengan Sony-Zeiss, dimana Huawei akan membuat dan memproduksi kamera dan lensa yang dipakai di P9, namun berdasarkan rancangan dan persetujuan Leica dari sisi spesifikasi, engineering dan hasil akhirnya. Pada akhirnya, kita mendapatkan kamera dengan harga yang tidak terlalu mahal (karena dibuat oleh Huawei di Asia), namun memiliki kualitas yang baik (karena sesuai standar spesifikasi Leica).

Huawei p9 dual kamera leica

Dual kamera yang dipakai di Huawei P9 masing-masing memiliki resolusi 12 megapiksel, satu sensor warna dan satu sensor monokrom (hitam-putih). Menurut Huawei, penggunaan 1 kamera berwarna dan 1 kamera monokrom memiliki keuntungan tersendiri. Pertama, kita bisa mengambil foto RAW hitam-putih yang memiliki detail dan ketajaman luar biasa dari kamera monokrom. Ketika hasilnya digabung dengan hasil foto dari kamera warna, hasilnya adalah foto warna dengan ketajaman dan detail tambahan dari kamera monokrom. Jadi sensor monokrom yang dipakai bukanlah kamera tersendiri, dia ada untuk mendukung kerja sensor warna.

Selain rancangan kamera dan lensa, Leica juga menyumbangkan profil warna yang bisa dipakai untuk mendapatkan foto dengan tampang Leica. Antar muka kamera yang simpel dan mudah digunakan tapi sangat canggih (terlihat di bawah) juga dibuat oleh Leica.

Huawei p9 kamera ganda leica 2

Secara fisik, Huawei P9 berbentuk kotak dengan semua body terbuat dari metal. Secara keseluruhan, Huawei P9 sangat tipis, ringan dan tampak sangat elegan. Huawei P9 akan dibekali dengan sistem operasi Android 6.01 Marshmallow. Jeroan smartphone ini prosesor Kirin 955 octa-core dengan 3GB RAM dan 32 GB penyimpanan internal.

Huawei p9 leica kamera

Oh ya, satu lagi… kalau anda masih ragu dengan nama Huawei, satu fakta menarik: saat ini Huawei adalah produsen ponsel pintar terbesar nomor 3 di dunia setelah Apple dan Samsung. Dan kalau bicara masalah harga, kabarnya Huawei P9 akan dijual dengan harga sekitar US$ 680 dan US$ 850 untuk Huawei P9 Plus. Semoga sampai juga ke pasar Indonesia karena sejauh ini Huawei hanya mengkonfirmasi penjualan di Eropa, Timur Tengah dan Asia Timur.

Berikut ini video promo Huawei P9: