Tips dan Trik Fotografi

Huawei P20 Pro, Smartphone Dengan 3 Kamera Leica dan Skor DxOMark Tertinggi

Siapa bilang smartphone buatan China adalah smartphone kelas dunia? dengan kehadiran Huawei P20 dan Huawei P20 Pro, setidaknya mereka saat ini memimpin di “klasemen” kualitas kamera versi DxOmark. Dengan skor DxOMark 106, kualitas kamera di Huawei P20 Pro cukup jauh meninggalkan beberapa smartphone premium langganan seperti iPhone X (97), Google Pixel 2 (98) dan Samsung Galaxy S9 Plus (99).

 

Apa yang membuat kamera Huawei P20 Pro begitu tinggir skornya? karena Huawei menggunakan 3 kamera buatan Leica sekaligus. Ketiganya memiliki fungsi masing-masing.

Menggunakan 3 Kamera Leica

Kamera utama adalah kamera dengan reoslusi tertinggi di smartphone, 40 megapiksel dengan sensor warna (RGB) di belakangnya dan dilengkapi lensa 27mm f1.6 didepannya. Kamera kedua di sebelah kiri dalah kamera yang hanya merekam informasi cahaya dalam hitam-putih dengan resolusi 20 megapiksel dan lensa yang sama dengan kamera utama. Kamera ketiga di ujung kanan adalah kamera yang lebih kecil dengan resolusi 8 megapiksel dengan lensa tele 80mm f2.4 yang juga dilengkapi stabiliser di lensanya. Ketiganya buatan leica, baik kamera, sensor maupun lensanya.

Apa yang membuat kamera di Huawei P20 Pro Istimewa?

Jadi apa yang membuat Huawei P20 pro memiliki kualitas hasil foto yang dinilai sangat istimewa dibandingkan kompetitornya? Kalau melihat dari daftar spesifikasi, kurang lebih karena 2 hal ini:

  1. Ukuran sensor yang lebih besar. Dengan kamera utama memiliki ukuran sensor 1/1.78 inchi atau dua kali lebih besar dibandingkan sensor yang dipakai Samsung Galaxy S9 tak heran hasilnya lebih bagus. Dengan ukuran sensor lebih besar Huawei Pro menangkap 20% lebih banyak cahaya dibandingkan kompetitor
  2. Adanya kamera dan sensor khusus hitam-putih membantu tugas kamera utama dan menghasilkan kedalaman foto yang lebih baik, membantu membuat bokeh yang lebih lembut dan menurunkan noise saat memotret di cahaya yang cukup remang
  3. Lensa tele 80mm memiliki jangkauan dua kali dibandingkan fitur 2x zoom yang ada di iPhone atau smartphone lain (55mm).

Spesifikasi Utama Kamera

Berikut ini beberapa spesifikasi utama Huawei P20 Pro

  • Menggunakan sistem 3 kamera buatan Leica
  • Kamera utama adalah kamera dengan resolusi 40 megapiksel dengan sensor warna (RGB) di belakangnya dan dilengkapi lensa 27mm f1.6 didepannya.
  • Kamera kedua di sebelah kiri dalah kamera yang hanya merekam informasi cahaya dalam hitam-putih dengan resolusi 20 megapiksel dan lensa yang sama dengan kamera utama.
  • Kamera ketiga di ujung kanan adalah kamera yang lebih kecil dengan resolusi 8 megapiksel dengan lensa tele 80mm f2.4 yang juga dilengkapi stabiliser di lensanya
  • Menggunakan sistem autofokus phase detect di kamera utama sehingga lebih cepat mengunci fokus
  • Mampu memotret sampai dengan ISO 102400
  • Dilengkapi algoritma kecerdasan buatan (AI) yang memberi rekomendasi komposisi agar fotografer menghasilkan foto yang lebih baik (~~guru fotografi pensiun saja?~~).
  • Mampu menghasilkan slow-mo 960 fps di resolusi 720p
  • Mampu merekam video 4K namun bukan default
  • Tampilan 6,1 inchi dan resolusi 2240 x 1080
  • Menggunakan chipset Kirin 970
  • Dilengkapi kamera depan untuk selfie dengan resolusi 24 megapiksel
  • Dilengkapi algoritma kecerdasan buatan agar foto selfie terlihat lebih cantik/ganteng (~~tukang salon pensiun saja?~~)
  • Dilengkapi sistem operasi Android 8.1 Oreo yang dipermak ala Huawei

Juga ada versi yang lebih murah, Huawei P20 non pro

Bagi anda yang tidak membutuhkan yang terbaik dan terhebat dari Huawei, mereka juga menyediakan alternatif dalam bentuk Huawei P20 tanpa embel-embel pro. Apa saja bedanya?

  • Huawei P20 non pro hanya dilengkapi 2 kamera, kamera utama dan kamera hitam-putih. Sementara Pro diutambah kamera ketiga dengan lensa tele 80mm.
  • Hanya memiliki RAM 4GB sementara versi pro memiliki RAM 6GB
  • Lebih kecil tapi tak seberapa
  • Lebih ringan tapi tak seberapa beda
  • Menggunakan baterai dengan kapasitan 3400 mAh vs 4000mAh di Pro
  • Memiliki layar yang lebih kecil namun resolusi sama (5,8 inchi vs 6,1 inchi di pro)
  • Prosesor untungnya sama saja, Kirin 970 octa-core

Harga Huawei Pro dan P20 Pro

Di Eropa Huawei P20 akan dijual dengan harga 900 Euro atau sekitar Rp 15,5 Juta. Sementara versi Huawei P20 non pro dijual dengan harga sekitar Rp 11 juta. keduanya tersedia dalam warna twilingh, pink gold, hitam dan midnight blue.

Sampel Foto dan Video

Berikut ini beberapa sampel video dan foto dari Huawei P20 Pro:

Video slow motion 960 fps:

Komentar singkat belfot

Melihat spesifikasi dan angka skor diatas kertas memang seru, namun ada beberapa hal yang mungkin membuat smartphone lain tak bisa dikesampingkan begitu saja. Hasil sampel foto dengan tele yang belfot ambil dari DxOmark ini bisa berkata banyak hal. Huawei tampaknya mengaplikasikan algoritma sharpening dan denoise yang membuat foto tampak tidak natural seperti hasil lukisan. Google Pixel 2 tampak paling natural dan tajam sementara iPhone X juga natural namun white balance tidak pas. Namun kehadiran P20 Pro dengan skor diatas kertas yang tinggi adalah hal sangat menguntungkan untuk konsumen, karena dengan begitu Google, Apple dan Samsung akan berusaha lebih keras agar kembali memimpin “lomba”.